Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa

Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa - Sobat, berpuasa bukanlah alasan untuk kita bermalas-malasan dan menunda pekerjaan. Terkadang untuk tetap mempertahankan produktivitas kerja saat berpuasa memang terasa sulit, tubuh lemas dan tidak semangat melakukan aktivitas apapun. Hal itu biasanya berimbas pada pekerjaan, dimana kinerja menjadi menurun. Tenaga seolah-olah habis karena harus menahan haus dan lapar. Namun sebenarnya, bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk lebih  baik dalam melakukan setiap aktivitas.

Banyak orang yang mengatakan, jangan jadikan puasa sebagai alasan tidak semangat dalam melakukan berbagai kegiatan. Sebaliknya, jadikanlah puasa sebagai dorongan dalam melakukan hal-hal yang baik. Agar kita tetap semangat bekerja selama bulan Ramadhan, itu benar! dan harus ada langkah serta solusi yang bisa kita lakukan untuk menjaga kondisi tubuh untuk tetap fit.

Seperti halnya yang saya rasakan, ini pengalaman saya sebagai karyawan di sebuah kantor dinas yang pekerjaanya berkaitan dengan proyek pembangunan, dimana segala aktivitasnya dituntut untuk tetap dapat menyelesaikan segala pekerjaan di tengah jam kerja yang lebih pendek dari hari biasanya.


Foto diatas menggambarkan kondisi meja kerja yang dipenuhi dengan dokumen-dokumen lelang proyek, hampir setiap harinya ruang kantor selalu ramai didatangi para kontraktor dan konsultan pekerjaan dengan membawa berkas laporan maupun proposal yang harus dicek dan diverifikasi.

Apa nggak pusing mas ngurusi dokumen sebanyak itu?

Dibilang pusing juga enggak sih sebenarnya karena memang sudah menjadi rutinitas dan sudah menjadi kewajiban saya sebagai karyawan. Oh iya, selain itu aktivitas kerja lain yang saya kerjakan dikantor adalah membuat laporan progres pekerjaan baik itu mingguan maupun bulanan, kemudian mengurus segala kegiatan surat menyurat, bahkan juga berkunjung ke lapangan proyek apabila mendapat tugas survey lapangan.

Tapi dari beberapa kesibukan dikantor yang saya sebutkan tadi, yang paling paling membuat saya terasa lelah adalah survey lokasi proyek di lapangan, kenapa? karena kegiatan ini paling membutuhkan tenaga yang lebih, selain itu jarak antara lokasi proyek satu ke proyek yang lain sangat jauh ditambah dengan cuaca yang panas. gimana nggak capek dan haus coba kalo kondisinya memang harus seperti itu? hehe kembali lagi itulah kewajiban.

Kendala yang pernah saya alami selama beraktivitas dibulan puasa?

Berbicara kendala selama kerja secara teknis tidak ada sih, namun diluar itu sebetulnya banyak dari kondisi fisik mulai dari hal yang wajar seperti rasa haus yang luar biasa, lemas, kecapekan dan bahkan sampai hal-hal yang mempengaruhi kondisi tubuh seperti kaku, kram, kesemutan, kebas, mata kedutan yang mengganggu aktivitas sehari-hari.


Di awal puasa kondisi seperti itu sempat saya alami, semua aktivitas yang saya lakukan terasa melelahkan. Misalnya,  nyeri pada pergelangan tangan, rasa lemah, kesemutan, panas, atau kebas pada jari-jari tangan akibat terlalu lama mengetik dan angkat-angkat berkas dokumen. Kaki terasa kaku dan keram akibat terlalu lama duduk di meja kerja, Lalu mata terasa kedutan karena terus menatap layar komputer. Setelah merasakan hal demikian, membuat saya berfikir untuk keesokan harinya bagaimana tips/cara supaya tetap semangat berkerja dalam kondisi berpuasa.


CARA MENJAGA KONDISI TUBUH AGAR TETAP SEMANGAT BEKERJA SAAT BERPUASA

1. Segera untuk menyelesaikan tugas kantor
Semakin siang sering kali kita diuji dengan rasa kantuk yang melanda, padahal tugas harus diselesaikan tepat waktu. Untuk mengatasi hal ini, saya mencoba dan menyarankan untuk menyelesaikan pekerjaan di pagi hari sebelum istirahat siang karena kondisi akan semakin tidak kondusif di siang hari. Jadi pada intinya usahakan selesaikan pekerjaan sesegera mungkin di pagi hari agar beban kerja pada siang hari lebih ringan.

2. Buka/sahur dengan makan secukupnya
Sobat, menurut beberapa info yang saya baca diberbagai media, menyebutkan bahwasanya langsung memakan banyak makanan akan membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Nah, menyikapi hal seperti ini saya yang sebelumnya dihari awal puasa pola berbukanya salah, mengupayakan untuk mengaplikasikanya yakni dengan cara makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis/buah juga boleh malah lebih bagus, dan selang minimal setengah atau satu jam baru dilanjutkan makan besar dengan porsi yang cukup.

3. Mengatur pola istirahat
Berbicara waktu sahur di negara Indonesia biasanya dimulai pukul tiga dini hari kan? Nah, oleh karena itu saya berusaha membiasakan diri untuk menyudahi segala aktivitas pukul sepuluh malam. kenapa? Ya, pokoknya jangan sampai kita tidur di atas pukul sebelas alias begadang, padahal jam tujuh sudah harus berangkat ke kantor. Saya menyadari bahwa mengatur pola tidur yang teratur sangatlah penting untuk kondisi fisik kita di hari selanjutnya.

4. Olahraga ringan secara teratur
Menjalankan ibadah puasa tak berarti boleh melupakan olahraga sobat, dan itu memang benar adanya. Tak perlu kita lakukan olahraga yang berat, cukup dengan melakukan olahraga ringan saja seperti jogging atau bersepeda seperti apa yang saya lakukan saat ini. Kebetulan jam mulai kerja pada waktu bulan puasa ini sekitar pukul 08.00 wib. Karena masih ada waktu yang cukup dipagi harinya, saya berinisiatif untuk berolahraga bersepeda keliling komplek atau keliling alun-alun (soalnya rumah saya di daerah kota, hehe). Intinya usahakan melakukan olahraga secukupnya entah pagi atau sore hari menjelang buka puasa, sebab setelah berolahraga kita akan langsung mendapatkan asupan gizi ketika berbuka puasa.

5. Minum suplemen multivitamin dan mineral yang tepat
Selain memakan buah-buahan atau sayuran segar, tidak ada salahnya kita minum multivitamin dan mineral akan tetapi juga tidak boleh sembarangan kita memilih produk multivitamin, karena tidak semua suplemen multivitamin cocok dikonsumsi orang. Nah, kamu terkadang juga bingung atau ragu dalam memilih produk multivitamin yang sesuai dengan kebutuhan tubuh? Tenang saya punya solusinya, produk itu bernama THERAGRAN-M!

Apa itu Theragran-M?

Theragran-M adalah multivitamin dan mineral yang diproduksi PT Taisho Pharmaceutical Indonesia, berbentuk kapsul mengandung kombinasi Multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) di dalam Theragran-M terbukti meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan.

Sebelum lebih lanjut membahas secara detail tentang Theragran-M, saya akan sedikit bercerita dimana awal saya tahu, mengerti dan mengkonsumsi Thegragran-M. Jadi ceritanya itu ketika masih berada di kantor menjelang jam pulang kerja, saya menyempatkan diri untuk ngoborol dengan rekan kerja, kebetulan lagi membahas tentang pekerjaan dibulan puasa yang sangat padat sehingga kondisi fisik menurun. Nah, ditengah pembicaraan ada salah satu teman yang memberikan info sekaligus solusi mengenai bagaimana cara menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan kuat saat puasa. dan dia menyebut nama Theragran.

Dalam benak saya mengatakan "Apa itu theragran? apakah benar-benar cocok untuk menjaga kondisi tubuh", "Coba nanti mampir ke apotik ah, jadi penasaran..". Setelah itu saya bergegas pulang dan mampir di Apotik dekat rumah. Setibanya disana saya bertanya ke penjaga apotik "Mbak suplemen/vitamin yang cocok untuk menjaga kesehatan tubuh apa ya?" Eh.. memang benar adanya, mbaknya langsung merekomendasikan Theragran M. dan harganya juga murah kok cuma Rp 19.500 saja kalau ditempatku.

Pada saat berbuka saya memang tidak langsung meminum Theragran-M, tapi pada waktu sahurlah saya baru minum Theragran-M karena memang sudah saya sengaja begitu, dalam pikiran saya kalau minum saat sahur kondisi fit tubuh bisa lebih lama, sebetulnya sama saja sih. hehe mau diminum saat sahur atau berbuka. Itulah sedikit cerita dari saya, Oh iya saya juga akan memberikan informasi mengenai Theragran-M, simak ulasan berikut ini:

Keterangan produk Theragran-M
Theragran MMULTIVITAMIN - MINERAL
KomposisiVit A 10,000 iu, vit B1 10 mg, vit B2 10 mg, vit B6 5 mg, vit B12 5 mcg, vit C 200 mg, vit D 400 iu, Ca pantothenate 20 mg, K iodide 150 mcg, Fe 12 mg, Mg 65 mg, manganese 1 mg, copper 2 mg, Zn 1.5 mg
KegunaanMembantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan setelah sakit
TakaranDosis dewasa 1 tablet sehari atau sesuai anjuran dokter
KemasanIsi 12 amplop @ 1 strip @ 4 tablet
Isi 25 amplop @ 1 strip @ 4 tablet
KonsumsiDikonsumsi bersamaan dengan makanan
PenyimpananSimpan pada suhu dibawah 30°C.
Dibuat olehPT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk.

Kenapa harus Theragran-M?

KAYA AKAN MULTIVITAMIN DAN MINERAL
Theragran-M mempunyai kandungan mulitivitamin yang banyak diantaranya vitamin A, B, B1, B6, B12, C, E dan Kalsium Pantotenat. Sedangkan kandungan mineralnya yakni Iodium, Besi, Tembaga II, Mangan II, Magnesium dan Zinc. keduanya berfungsi untuk meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh, serta vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.

AMAN
Theragran-M telah terdaftar di Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), jadi kita tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi produk ini. Karena sudah melalui proses pengawasan terlebih dahulu sehingga produk ini memang benar-benar aman, yang pasti bahanya juga bagus untuk tubuh kita. Oh iya, Theragran-M tidak mempunyai efek samping asalkan di minum sesuai dosis atau aturan pakai.

TERPERCAYA
Produk Theragran-M diproduksi oleh PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk, Perusahaan yang bergerak di bidang farmasi yaitu pabrikan obat-obatan Over the Counter (OTC) dan Etikal,  baik untuk pasar dalam negeri dan luar negeri. Sedangkan pengawasan ketat di lakukan oleh Pharmacheutical Co, Ltd. Tokyo Jepang, sehingga terjamin kepercayaanya. 

HALAL
Pada bagian depan kemasan Theragran-M terdapat label halal, ini membuktikan bahwa produknya halal untuk di konsumsi. Sebagai orang muslim, tentu status halal menjadi hal yang penting karena akan lebih berkah jika sesuatu yang masuk ke tubuh kita adalah benda halal, menjadikan khasiatnya lebih terasa, terlebih dalam urusan kesehatan.

REKOMENDASI DOKTER
Perlu diketahui bahwa Theragran-M merupakan salah satu produk multivitamin yang banyak di rekomendasikan oleh para dokter sebagai vitamin untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit. Karena memang sudah terbukti khasiatnya.



6. Konsultasikan pada ahlinya
Jangan menunggu sakit baru ke dokter sobat, kesehatan mahal harganya, tetapi ketika sakit bisa lebih mahal lagi biayanya. Karena itu, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebagai langkah pencegahan, medical check-up dapat dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik, kebugaran atau kesehatan tubuh kita. Jadi walaupun puasa tidak salahnya untuk menyempatkan diri periksa ke dokter atau klinik.

Kalau memang anda ingin sekedar konsultasi atau bertanya-tanya tentang kebugaran kepada ahlinya secara GRATIS! anda bisa live chatt lewat program Ask Doctor di website https://theragran.co.id/askdoctor, caranya mudah cukup memasukan nama, email, jenis kelamin, usia, nomor telepom dan isi pertanyaan yang ingin kamu kirimkan, laku klik tombol submit.

LIVE TO THE MAX

Dari serangkaian tips diatas, akhirnya membuahkan hasil dimana aktivitas kerja saya yang biasanya terasa lemas dan bermalas-malasan perlahan mulai berjalan normal dan tanpa beban, dalam artian tubuh saya dalam kondisi fit serta sehat selalu saat berpuasa. Begitu juga dengan Theragran-M, setelah mengkonsumsi walaupun baru 3 kali, namun saya sudah merasakan perbedaanya. Dari yang biasanya badan terasa lelah saat bekerja, berubah menjadi lebih segar dan bugar. Ini membuktikan bahwa Theragran-M sangat berkhasiat sekali untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari.

Nah, sekarang sudah tau kan kalau Theragran-M emang cocok untuk proses penyembuhan ? Pengen mencoba? Anda bisa mendapatkannya di apotik terdekat. Oh iya, sebagai konsumen yang bijak, telitilah sebelum membeli untuk semua produk, tanpa terkecuali multivitamin mineral. Perhatikan masa berlakunya atau tanggal kadaluarsanya, untuk mengantisipasi hal hal yang tidak di inginkan.

Demikian pengalaman serta tips yang bisa saya share mengenai rahasia tetap semangat bekerja ketika menjalankan ibadah puasa, semoga bisa memberikan manfaat serta semangat untuk teman-teman semua dalam menjalani aktivitas di bulan puasa ini. Kalau kita semua bersemangat untuk melakukan aktivitas pada saat berpuasa, bukan cuma pekerjaan saja yang maksimal, tetapi juga pahala yang didapatkan berlimpah. Akhir kata dalam kondisi apapun, usahakan untuk membuat hidupmu lebih hidup!


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

Penulis: Moch Achsanul In'am
Foto Dokumentasi: Pribadi
Video: Pribadi
Sumber referensi: www.theragran.co.id
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

16 komentar

Click here for komentar
16 Juni 2017 23.52 ×

Wah puasa puasa gini emang butuh Vitamin untuk menambah daya tahan tubuh

Reply
avatar
ahmad sholeh
admin
16 Juni 2017 23.52 ×

sama, saya juga pernah ngalamin kerja males2an waktu puasa, entah kenapa. coba kapan2 ak mau beli theragran m

Reply
avatar
Azizah Nur
admin
17 Juni 2017 00.24 ×

Wah, manfaat banget ini infonya mas, kebetulan di akhir puasa gini semangat berkurang, sahur ogah"an padahal kerjaan numpuk, nanti ngabuburitnya berburu Theragran M deh, makasih infonya

Reply
avatar
Dwi Fitria
admin
17 Juni 2017 00.29 ×

Aku biasa pake Vitamin Imb####st, cm harganya mehong cyinttt...
Aku baca kandungannya gak jauh beda sih... Kayaknya mau coba yang satu ini...
Nice info yg bermanfaat

Reply
avatar
17 Juni 2017 02.00 ×

Tetap semangat walau lapar haus melanda...
Nice inpoh

Reply
avatar
dinamars.net
admin
17 Juni 2017 20.17 ×

wah penjelasan tentang Theragran-M detail banget, nih, layak juara :). Btw sehat & sukses selalu dalam mengerjakan proyek-proyeknya ya, Mas :)

Reply
avatar
Maman Achman
admin
17 Juni 2017 20.47 ×

Kunjungan perdana saya di sini sepertinya, salam kenal ya mas...

Reply
avatar
Maman Achman
admin
17 Juni 2017 23.10 ×

Balik lagi sini, mumpung masih semangat puasa, kalo udah sore agak lemes soalnya, hehee...

Reply
avatar
Mang Lembu
admin
17 Juni 2017 23.52 ×

seyogyanya emang puasa bukanlah jadi penghambat dan sebuah alasan untuk kemudian kita tidak jadi semangat dan males dalam melakukan kerja dan aktifitas lainnya, komo kalau minumsuplemen THERAGRAN-M mah

Reply
avatar
Qudsi Falkhi
admin
18 Juni 2017 02.40 ×

Harusnya dari awal puasa tahu info ini nih, soalnya bulan puasa ini kondisi tubuh benar-benar tidak layak untuk di ajak beraktivitas.
Trims infonya...

Reply
avatar
Junaidi Net
admin
18 Juni 2017 03.59 ×

Saya malah jarang minum vitamin atau suplemen yang bisa membuat tubuh menjdi sehat dan bugar kang ahsan.. Namun olah raga selalu rajin hehe. Salam kenal ya smoga lombanya menang..

Reply
avatar
18 Juni 2017 05.30 ×

Suplemen tambahan memang sangat perlu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dan saya pun meminumnya..!

Reply
avatar
18 Juni 2017 09.16 ×

Lengkap banget informasinya sob. Sampai ada testimon berbentuk video. Tapi sayang videonya tidak responsiv. Terpotong sedikit di sisi kanan.

Produk ini kalau ane beli di minimarket sudah ada belom ya?

Reply
avatar
18 Juni 2017 09.22 ×

Bolehlah saya diajak kerja, biar ada kesibukan sedikit. Tapi jika lihat tumpukan kertas sebanyak itu, kepala terasa pening juga. Apalagi survei lapangan. Ampun deh, panas-panas, haus-haus.

Reply
avatar
Andi Nugraha
admin
19 Juni 2017 13.01 ×

Bermanfaat sekali nih mas, karena kerja itu bukan alasan untuk tidak melakukan segalanya, termasuk kerja. Semoga lancar terus ya, Mas.. Good Luck..

Reply
avatar
24 Juni 2017 08.22 ×

Biar badan tetap fit dan semangat terus.

Reply
avatar
Thanks for your comment