Jaga Kebaikan Gigi, Untuk Senyum Yang Berseri

Sobat pasti mau dong punya gigi yang terawat putih bersih? dan saya rasa semua orang pasti menginginkanya. Ya, karena dengan gigi putih, maka senyum kita pasti akan lebih terlihat menawan. Masak cakep-cakep giginya terlihat berkarat dan kuning, ih nggak banget deh, hehe makanya yuk kita rawat gigi kita :)

Mungkin ada beberapa orang yang kurang begitu memperdulikan penampilan terutama gigi dan mulutnya. padahal kalau kita cermati kedua elemen dalam diri kita tersebut merupakan hal yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Kenapa? ya karena hampir setiap hari kita pasti sering bertatap muka ataupun bercengkrama dengan orang lain, apalagi kalau kita ketemuan sama pacar, hehe so pasti kita juga harus memberi kenyamanan dong buat mereka paling tidak dengan senyuman yang indah dengan gigi yang bersih dan bau mulut yang harum.

Selain itu gigi juga merupakan organ tubuh yang harus kita perhatikan kebersihan dan kesehatanya. Sebagaimana fungsi gigi sebagai alat untuk mengunyah makanan sehingga hampir setiap detik berhubungan dengan sisa makanan. Bila gigi tidak kita rawat dan perhatikan kebersihannya maka akan menimbulkan bau tidak sedap dan kerusakan pada gigi. Misalnya gigi berlubang atau karang gigi.

Tips Menjaga Kebaikan Gigi dan Kesehatan Mulut

Tapi kali ini jangan kuatir sobat, saya akan membagikan beberapa tips sederhana untuk menjaga kebaikan gigi dan kesehatan mulut. dan tips ini diantaranya juga sering saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran? oke langsung saja kalau begitu simak cara mewarat gigi dan mulut yang baik berikut ini :
Produk Systema (foto milik pribadi)
1. Menyiapkan perlengkapan perawatan gigi yang baik : Salah satu poin penting dalam merawat kesehatan gigi adalah memilih pasta gigi dan tentu saja sikat giginya. Dulu saya beranggapan bahwa perbedaan pasta gigi hanya pada warna, rasa, dan aroma saja. Pasta gigi merek J misalnya memiliki ciri khas minty, mulut jadi lebih segar pasca menggosok gigi, dan seterusnya. Sementara merek K memiliki sifat aromanya yang khas dan bermacam-macam. Ternyata dugaan saya tidak sepenuhnya benar karena ada hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih pasta gigi. Mungkin anda terkadang juga bingung atau ragu dalam memilih produk yang bagus untuk gigi? Tenang saya punya solusinya, produk itu bernama Systema nano!

Systema adalah sebuah sistem perawatan mulut profesional, yang dikembangkan oleh perusahaan LION Jepang, untuk perlindungan mulut secara menyeluruh, cepat dan tuntas. Systema nano dengan Nano Calcium, Erythritol, dan Micro Foam memberikan aksi perlindungan cepat dan tepat pada 8 masalah mulut.


  • Memilih sikat gigi yang tepat : Pilih bulu sikat gigi yang jangan terlalu keras/lembek/jarang. Hanya sikat gigi Systema yang menerapkan teknologi Micro Clean Bristles, dengan ujung kecil dan halusnya mampu membersihkan gigi dengan sempurna dan lembut.
  • Memilih pasta gigi yang tepat : Jangan asal pilih pasta gigi, cegah kerusakan gigi sedini mungkin dengan menggunakan pasta gigi yang tepat dan mampu menutup lubang nano super kecil hingga 1000x, Kalsium Nano dalam Pasta gigi Systema nano mampu memperbaiki gejala awal karies gigi dalam 14 hari. Dalam pasta lembut yang menyebar cepat Kalsium Nano efektif perbaiki lubang super kecil sebelum jadi masalah.
  • Memilih obat kumur yang tepat : Menggunakan obat kumur membantu menghilangkan bakteri berbahaya dari mulut serta membantu mencegah pembentukan plak. Berkumurlah dengan Systema mouthwash untuk kesegaran mulut lebih lama.

video by lion wings

Nah itulah saran saya untuk anda dalam memilih perlengkapan perawatan gigi yang baik, karena selain sudah teruji produk Systema juga telah di akui oleh masyarakat luas. Untuk mendapatkanya pun mudah dan harganya relatif murah, anda bisa membelinya di supermarket maupun minimarket. Kebetulan kalau saya membelinya di Giant Supermarket soalnya dekat dengan rumah, hehe

2. Menggosok gigi secara rutin : Ini merupakan cara yang paling dasar dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Menyikat gigi paling tidak harus kita lakukan dua kali sehari yakni dipagi hari dan juga malam hari sebelum tidur. Akan sangat baik apabila kita juga membiasakan diri untuk menyikat gigi setelah makan sehingga sisa-sisa makanan tidak perlu menyangkut terlalu lama dalam sela-sela gigi dan menyebabkan berbagai masalah mulut. Menyikat gigi bertujuan untuk membersihkan plak gigi yang merupakan media yang baik bagi bakteri berkembang biak. Oh iya tapi kalau gosok gigi jangan asal-asalan ya sob pastikan dengan cara yang benar. baca artikelnya disini Sikat Gigi Tepat, Gigipun Sehat.

3. Rajin menggangti sikat gigi : Usahakan untuk selalu memperbaharui sikat gigi anda. Ketika sikat gigi anda sudah terlihat rusak. Soalnya sikat gigi bisa menjadi sumber bersarangnya kuman dan bakteri jahat, yang malah akan membahayakan kesehatan kalau terlalu lama tidak diganti. anda harus segera ganti, ya! Setidaknya selama 2-3 bulan sekali. Selain itu, sikat gigi juga wajib diberi tutup pelindung.

4. Berkumur dengan mouthwash : Terkadang menggosok gigi saja memang tidak cukup untuk membersihkan gigi dari sisa makanan, paling tidak dengan berkumur dengan mouthwash kita bisa membersihkan gigi dan mulut dari bakteri secara menyeluruh, jika tidak punya mouthwash kita bsia ganti dengan berkumur dengan larutan garam. dan jangan lupa untuk membersihkan lidah 2x sehari untuk menghindari bau mulut karena banyak bakteri menempel pada lidah.

5. Mengunyah permen karet: Emang bisa ya permen karet membersihkan gigi? bisa sobat. menurut info Dinkes bantul yang saya baca menyebutkan kalau permen karet berguna untuk self cleansing pada gigi, dapat menyapu sisa makanan dan plak dari permukaan gigi. Mengunyah permen karet juga berguna untuk merangsang produksi saliva yang dapat membersihkan partikel makanan dan asam penyebab kerusakan gigi. selain itu salivanya juga lebih banyak sehingga mulut tidak kering dan bau mulut pun berkurang.

6. Banyak minum air putih : Jangan salah sobat, ternyata air putih yang setiap hari kita minum juga membawa manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut kita lho. Air sendiri mempunyai manfaat sebagai pelembab, pembersih serta penetral gigi dan mulut. Karena didalam rongga mulut terdapat air ludah yang berfungsi self cleansing dan mengandung pertahanan rongga mulut serta membantu memelihara flora normal dalam rongga mulut. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup maka akan memelihara produksi air ludah, sehingga setidaknya mengurangi resiko terkena penyakit gigi dan mulut walau pembersihan gigi adalah salah satu hal utama dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut.

7. Flossing gigi : Buat anda yang belum tahu apa itu dental floss? dental floss itu adalah benang khusus untuk gigi. Gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi dan tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. menggunakan benang gigi (dental floss) daripada menggunakan tusuk gigi saat membersihkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi (inter dental area). Penggunaan tusuk gigi yang tidak hati-hati dapat melukai gusi kita. Idealnya, flossing dilakukan dua hari sekali, setelah menyikat gigi, dengan langkah-langkah yang saya kutip dari forum kaskus sebagai berikut:

  • Ambil benang gigi sepanjang kurang lebih 35 cm, dan lilitkan pada jari tengah kedua tangan Anda, sisakan sekitar 4 cm di bagian tengah.
  • Lakukan flossing terlebih dahulu pada gigi bagian atas, lalu berpindah ke barisan gigi di bawah. Caranya, arahkan benang gigi ke celah antara gigi, gerakkan ke arah atas dan bawah, serta ke arah depan dan belakang untuk membersihkan sela-sela gigi.
  • Hindari benang menyentuh bagian gusi. Benang gigi akan berbentuk seperti huruf C saat Anda melakukan proses flossing.
  • Setelah selesai membersihkan sela gigi, keluarkan benang gigi dengan gerakan menyerupai gergaji.
  • Lakukan flossing pada sela-sela gigi yang lain dengan cara yang serupa. Gunakan bagian benang gigi yang bersih, dan singkirkan bagian yang telah terpakai dengan melilitkannya ke jari.


8. Konsumsi buah dan sayur : Nah ini juga penting sobat. Biasakan diri kita untuk memakan buah-buahan atau sayuran segar karena selain baik untuk kesehatan, seratnya juga dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada di gigi (referensi : indonetworkcom) dan menjaganya agar tetap sehat! Perlu dikethaui bahwa makanan seperti apel, wortel, dan seledri dapat membantu menyapu plak di permukaan gigi. Kunyah dan mulut pun akan terangsang untuk memproduksi mouthwash alami yaitu saliva. Ternyata bukan hanya ada kandungan vitamin pada sayur dan buah bagi tubuh kita tetapi juga baik juga untuk gigi kita. Yuk.. makan buah!

9. Periksa ke dokter gigi : Jangan menunggu sakit baru ke dokter gigi sobat, biasakan diri kita untuk menyempatkan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali meskipun gigi anda tidak bermasalah. Jika hasil pemeriksaan gigi tersebut baik hasilnya, anda bisa menjadwalkan kunjungan di tahun depan. Segera ke dokter gigi kalau karang gigi sudah menumpuk untuk menghindari gigi lepas secara tiba-tiba.

Kalau memang anda ingin sekedar konsultasi atau bertanya-tanya tentang kesehatan gigi kepada dokter secara GRATIS! anda bisa live chatt lewat program Ask Systema di website www.systemasolution.com/ask-dentist, setiap hari jum'at pukul 13.00 sd 15.00 wib.
Ask Systema


Penjelasan diatas bukan berarti kita tidak boleh sama sekali mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut. Asalkan langsung menyikat gigi setelahnya agar potensi sisa makanan dan minuman tersebut melubangi gigi bisa diperkecil. kalau bisa sih ya dikurangi aja deh biar sehat, hehe

Demikian apa tips kebaikan dalam menjaga kebaikan gigi dan kesehatan mulut yang bisa saya tulis di artikel saya yang berjudul Kebaikan Gigi, Untuk Senyum Yang Berseri, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan memotivasi kita untuk terus menjaga kesehatan tubuh kita termasuk menjaga kebaikan gigi dan kesehatan mulut. Dan jangan lupa untuk memilih produk perlengkapan perawatan gigi, pastikan anda memilih Produk Systema Solution. untuk info lebih lengkap silakan kunjungi website www.SystemaSolution.com, follow juga twitternya @SystemaSolution dan Like fanpage www.facebook.com/SystemaSolution. Sekian Terimakasih :) #ShareTheGoodness
"Senyum indah tentu didukung gigi yg sehat. Systema memberikan perawatan total untuk gigi dan kesehatan mulut keluarga anda". - @SystemaSolution

Previous
Next Post »

16 komentar

Click here for komentar
20 Desember 2014 01.46 ×

Kalau saya biasanya agar menjaga kebaikan dan kesehatan gigi dengan menyikat gigi saja dan tidak memakan makanan yg Panas Mas, ternyata masih banyak yah cara menjaga kesehatan dan kebaikan gigi heheee... makasih mas Tips nya :)

Reply
avatar
20 Desember 2014 01.56 ×

Kalau gigi ane mudah goyang*otek*. Minta tips ny supaya gigi ane kuat

Reply
avatar
Ridha Harwan
admin
20 Desember 2014 03.06 ×

Kalau saya sekarang sudah pakai siwak.

Reply
avatar
budi purnomo
admin
20 Desember 2014 05.31 ×

Murah senyum... murah rezeki ya mas :)

Reply
avatar
20 Desember 2014 07.22 ×

point 4,5,7 dan 9 jarang bahkan ada yg belum pernah saya lakukan nih mas
makasih telah mengingatkan

Reply
avatar
Dede Thea
admin
20 Desember 2014 15.20 ×

sama dong mas Yanto hahaha

Reply
avatar
20 Desember 2014 15.20 ×

sudah terlanjur banyak yg bolong mas...tapi menarik juga produknya untuk dicoba

ehh..senyumnya manis juga, apalagi tambah gula :)

Reply
avatar
Dede Thea
admin
20 Desember 2014 15.21 ×

bensin naik nggak ngaruh yah mas Budi,,senyum tetep murah hahaha

Reply
avatar
Dede Thea
admin
20 Desember 2014 15.21 ×

nice post ,,,ini akan menjadi solusi buat para penderita penyakit mulut dan gigi,,,,,

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
20 Desember 2014 20.19 ×

owh gitu ya mas, mungkin cara lain sepeti yang saya tulis bisa dicoba ya mas lain kali, hehe kalaupun makan yang anget2 seperti gorengan boleh saja asal nggak berlebihan aja. sama2 mas :)

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
20 Desember 2014 20.21 ×

sikat gigi yang rajin aja bang :) kalau udah sampai otek2 gitu mending diperiksa ke dokter aja daripada ntar copot smua, hehe

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
20 Desember 2014 20.23 ×

bagus mas itu disunnahkan, saya belum pernah coba. temen saya yang dari pondok juga siwak'an tiap hari. kapan2 pengen coba :)

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
20 Desember 2014 20.23 ×

haha.. sip mas keep smile :)

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
20 Desember 2014 20.25 ×

hehe, gpp mas yang penting sudah melakukan salah satu dari yang saya tulis diatas asalkan rutin, tapi g ada salahnya juga untuk mencoba cara yang lain :)

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
20 Desember 2014 20.27 ×

iya mas dilakan dicoba, bisa dibeli di supermarket dan minimarket terdekat :)
haha bisa aja mas

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
20 Desember 2014 20.28 ×

terimakasih mas dede, betul semoga bisa memberi manfaat dan solusi kepada kita semua akan pentingnya menjaga kebaikan gigi dan mulut

Reply
avatar
Thanks for your comment