Campurejo Menuju Desa Sehat dan Cerdas

Campurejo Menuju Desa Sehat dan Cerdas.
Gg. Buntu 4 RT 13
Gg. Buntu 2 RT 15

Setiap masyarakat pastinya menginginkan daerah atau lingkungan desanya bersih, indah, sehat dan rapi, untuk menunjang kegiatan bekerja dan berkarya bagi mereka. Begitu juga dengan lingkungan di daerah saya tepatnya di Desa Campurejo, Kecamatan Bojonegoro. Dimana desa yang mempunyai 3 Dusun yaitu Pohagung, Plosolanang, Mlaten dan terletak di ring 1 lapangan migas Sukowati ini sejak beberapa tahun terakhir Pemdes beserta warga sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan dan pelestarian linkungan. Dan pada akhirnya usaha tersebut juga telah membuahkan hasil dimana desa campurejo terpilih sebagai juara 1 dengan predikat sebagai desa Bersih dan Lestari (BERSERI) dari Provinsi Jawa Timur, sedangkan untuk tingkat kabupaten menempati posisi 3. Ini tentunya sebuah prestasi yang luar biasa dan yang pasti membuat kami warga desa bangga dan lebih bersemangat lagi untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan. 

Saat ini pemerintah kabupaten Bojonegoro sedang mencanangkan program Desa Sehat dan Cerdas dimana gerakan ini dilakukan di seluruh desa dan kelurahan yang ada di bojonegoro. Yang melatarbelakangi dan tujuan dari gerakan ini adalah pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat maningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat. Program ini sendiri dibagi menjadi beberapa indikator yang nanti akan saya bahas di bawah. Nah, dengan adanya gerakan ini desa saya juga sedang berupaya dan ikut berpartisipasi kearah sana untuk Campurejo Menuju Desa Sehat dan Cerdas.

DESA SEHAT, Campurejo Bojonegoro

Pertama, sebelum saya melanjutkan bagaimana kondisi desat sehat di campurejo. Kita harus tahu terlebih dahulu maksut dari program desa sehat itu apa, secara umum Desa Sehat adalah suatu upaya untuk menciptakan kondisi lingkungan pedesaan yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya dengan mengoptimalkan potensi masyarakat, melalui pemberdayaan kelompok kerja masyarakat, dan difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan wilayah. Sepeti yang telah disampaikan BPMPD Bojonegoro bahwa parameter indikator dari desa sehat antara lain meliputi Open Defecation Free (ODF), Sanitasi Non ODF, Angka Kematian Ibu dan angka kematian Balita, Balita Kurang Gizi, Lantai Rumah sehat, Lingkungan Sehat, Kepesertaan jaminan kesehatan nasional (JKN), dan Kepesertaan KB. Berikut ini upaya-upaya yang telah dilakukan Ds Campurejo untuk menuju desa sehat :

  • Lingkungan Sehat
Penghijauan Lingkungan Gg. Baeno Desa Campurejo
Tempat sampah kering dan basah, dipasang di depan rumah warga Gg. Buntu IV Campurejo
Gerobak sampah yang digunakan untuk mengangkut sampah hingga ke TPA
Rata-rata warga sudah menerapkan Lantai Rumah Sehat (Kramik, Mester, Paving)
Dalam upaya menjaga kebersihan sekaligus keindahan lingkungan, warga disetiap RT atau Gang di Desa Campurejo saling bahu-membahu dan ikut berpartisipasi dengan berbagai cara diantaranya seperti membuat tempat sampah, membeli pot, menanam bunga dan berbagai macam jenis tanaman untuk diletakkan di sepanjang trotoar depan rumah. Selain melakukan gerakan penghijauan serta penyediaan tempat sampah, warga campurejo juga membuat bank sampah yang menampung sampah kardus dan plastik dari warga. Dan biasanya pada hari minggu pagi dilakukan kerja bakti pembersihan bersama di setiap lingkup RT.

Rumah warga sendiri rata-rata sekarang ini sudah memakai lantai kramik, mester semen. Ya memang syarat yang penting dari rumah sehat itu salah satunya adalah Lantai Rumah Sehat yang tidak berdebu pada musim kemarau dan tidak becek pada musim hujan. Karena lantai yang basah dan berdebu bisa menjadikan sarang penyakit. Selain lantai yang bersih rumah juga harus memiliki ventilasi udara yang cukup, minimal 10% dari luas lantai ruangan, supaya udara menjadi segar karena sirkulasi udara yang lancar. Warga juga telah menyediakan kamar mandi dalam termasuk WC di setiap rumah mereka guna menghindari buang air besar (BAB) di sembarang tempat.

  • Pelayanan Kesehatan
Polindes & Poskesdes Desa Campurejo
Di desa campurejo sendiri ada Polindes (pondok bersalin desa) skaligus berfungsi sebagai Poskesdes, dimana tempat ini dibuat sebagai upaya mendekatkan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan seperti bidan desa dengan melibatkan kader atau tenaga sukarela. Bentuk pelayanananya diantaranya pertolongan persalinan dan pelayanan kesehatan ibu dan anak, termasuk KB. Selain itu poskesdes didirikan sebagai kewaspadaan dini terhadap berbagai resiko dan masalah kesehatan warga. Seperti halnya posyandu, tempat ini juga dikelola oleh pamong desa, dalam hal ini kepala desa melalui LKMD nya.

Berbagai pelayanan kesehatan dari pemdes, sukarelawan, maupun dinas-dinas tertentu juga sering dilakukan di Balai Desa Campurejo, seperti imunisasi bayi, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, dengan menghadirkan para dokter spesialis. Cara pengumumanya pun cukup efektif yakni dari pemeritahuan RT langsung disampaikan ke waga dengan menggunakan pengeras suara Mushola atau Balai RW supaya warga bisa datang dan memanfaatkan layanan pengobatan ini,

  • Sanitasi dan Penyediaan Air bersih 
Toren air bersih dibuat di beberapa titik lingkungan Desa Campurejo
Pipa saluran air bersih dipasang di rumah warga yang membutuhkan
Pada saat musim kemaru panjang terkadang juga meberikan masalah tersediri bagi warga desa seperti kami dimana warga kesulitan mendapatkan air bersih akibat kekeringan. Namun masalah tersebut perlahan mulai hilang. Ya, sekarang di beberapa titik wilayah Desa Campurejo telah dibangun tower air, rumah pompa serta jaringan pipa ke rumah penduduk. Awalnya pemasanganya hanya di Dusun Plosolanang atau daerah sekitar pengeboran migas sukowati saja, tetapi saat ini juga mulai menyebar pembangunanya dan telah sampai di Dusun Poh Agung atau campurejo bagian utara. Dengan adanya fasilitas air bersih, tentu diharapkan supaya bisa membantu warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi yang lebih baik. Selain itu Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum (HIPPAM) juga memberikan pelatihan bagi tim sanitasi desa dalam memanfaatkan fasilitas air bersih yang nantinya diharapkan supaya warga bisa mengelolanya sendiri.

DESA CERDAS, Campurejo Bojonegoro

Pada sub kedua dalam tulisan saya ini, akan membahas tentang apa itu desa cerdas serta saya akan menginfokan atau menceritakan bagaiman kondisi Ds Campurejo dalam menuju Desa Cerdas. mungkin yang dimaksut dalam hal ini adalah seputar kecerdasan, keterampilan atau pendidikan menjadi modal utama pembangunan di segala bidang yang merupakan inti Pembangunan SDM dan desa. Menurut BPMPD sendiri yang masuk parameter indikator desa cerdas diantaranya meliputi lama belajar, buta aksara, Taman Bacaan Masyarakat /Perpustakaan, pemanfaatan lahan, manajemen pengelolaan air, pemanfaatan ruang (RTRW), produksi pangan, industri pengolahan, penanganan bencana, insfrastruktur desa, dan tata kelola administrasi deesa yang baik. Oke langsung saja berikut ini merupakan upaya yng telah dilakukan Ds Campurejo untuk menuju desa cerdas:

  • Pemanfaatan Lahan
Salah satu lokasi lahan pertanian di Desa Campurejo
Lapangan Voli Ds Campurejo
Dibanding beberapa desa atau kelurahan yang ada dikota bojonegoro, Desa Campurejo bisa dibilang memiliki lahan kosong maupun garapan yang cukup luas, seperti halnya area persawahan yang tampak luas ditengah-tengah desa, kalau anda pernah melewati jalan sebelah timur Stadion pasti anda akan melihat pemandangan hamparan sawah yang hijau nan indah. Tentunya ini menjadi salah satu bagian dari wilayah lumbung pangan bagi bojonegoro. secara letak juga dekat dengan bengawan solo sehingga mudah untuk mengairi sawah.

Tak hanya sawah, di lahan kosong yang ada di Desa Campurejo juga dimanfaatkan untuk pembuatan lapangan olahraga seperti lapangan bola voli dan lapangan futsal yang letaknya berada di Dusun Plosolanang. setiap sore ata hari libur sering digunakan warga dan para remaja sekitar. Tak jarang juga lapanganya digunakan untuk event atau kejuaraan bola voli antar desa.
Manajemen Pengelolaan Air, 

  • Pemanfaatan Ruang (RT/RW)
Balai RW 02  Ds Campurejo
Berbicara tentang pemanfaatan ruang RT/RW, di Desa Campurejo juga terdapat Balai RW yang bisa anda temui dibeberapa tempat, Yang mana sudah pasti tempat ini digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan seluruh aktivitas kegiatan warga diruang lingkup Rukun Warga (RW) sekitar, adapun digunakan untuk acara-acara penting diantaranya tempat untuk mengadakan kegiatan rapat RW, Rapat 17 agustusan, Arisan ibu-ibu PKK dan masih banyak lagi. Ini juga menjadi salah satu fasilitas penunjang kegiatan serta sosialisasi antar warga.

  • Industri Pengolahan & Produksi Pangan
Salah satu lokasi pembuatan mebel
Industri rumahan pembuatan plafon gip
Desa Campurejo mempunyai banyak potensi di berbagai bidang yang bisa dikembangkan, mulai dari industri kreatif maupun niaga, saya ambilkan contoh pengrajin akar kayu jati dan juga mebel, dimana sebagian warga mulai menggarap atau membuka usaha tersebut seperti di Jl Kopral Kasan 2 yakni Aji Kencana Furniture, ada industri ukir yang bagus dan berkualitas, selain itu juga di dusun plosolanang yaitu UD Selaras Java bahkan pemasaran produknya sudah merambah luar negeri, dan masih banyak lagi tempat industri mebel lainya. Selain pengolahan kayu di campurejo juga ada industri rumhan yakni pembuatan plafon gip yang letaknya ada dibeberapa wilayah diantaranya berada di RT 03 di dekat tanggul bengawan solo dan RT 02 dekat perbatansan campurejo dan mulyoagung. Sedangkan untuk dusun mlaten nampaknya lebih condong atau mengarah sebagai area perniagaan yang mana di setiap deret Jl. Pemuda dan Jl. Lisman selatan banyak terdapat banyak tempat usaha, kios maupun toko yang menjual beraneka ragam barang dan makanan.

Untuk sektor produksi pangan di campurejo ada beberapa industri rumahan yang membuat dan menjual makanan seperti pembuatan tempe di RT 02, lalu ada pembuatan krupuk abang ijo/bawang di RT 03 dan RT 04. Kemudian ada budidaya bebek dan budidaya telur puyuh di dusun plosolanang. Dan masih banyak yang lainya.

  • Insfrastruktur Desa

Renovasi pembangunan Masjid Baiturrahmat Ds Campurejo
Pembangunan selokan dan saluran irigasi
Pavingisasi jalan lingkugan Ds Campurejo
Insfrastuktur di Desa Campurejo sekarang ini sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan berbagai fasilitas umum demi kenyamanan warga, diantaranya adalah pengerjaan paving jalan di setiap gang dan wilayah. Lalu ada juga pembangunan Masjid Baiturrahman dusun pohagung ds campurejo yang saat ini pengerjaanya sudah mencapai sekitar 50-60%, untuk dana masjid sendiri juga mendapatkan bantuan dari JOB PPEJ, dengan adanya renovasi diharapkan supaya bisa menampung lebih banyak lagi jamaah, awalnya hanya 1 laintai sekarang direnovasi menjadi 2 lantai dan diperbesar. Selain itu pemdes juga membuat selokan atau saluran air disetiap lingkungan RT ada juga yang difungsikan untuk saluran irigasi pertanian Desa Campurejo dengan mengalirkan air bengawan.

  • Pendidikan
SDN Campurejo 2 Bojonegoro
PAUD Campurejo dalam tahap renovasi
Mengenai dunia pendidikan, di Desa Campurejo menurut pandangan saya sebagai warga memang sudah berjalan dengan baik, rata-rata warga juga menjalankan wajib belajar 12 tahun, bahkan banyak juga yang meneruskan pendidikanya hingga ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lulus menjadi sarjana dan mendapatkan pekerjaan. di campurejo sendiri terdapat beberapa tempat sekolah mulai dari PAUD, TK, Yayasan, SDN, dan ada juga Universitas Terbuka (UT) yang letaknya berada di sebelah selatan masjid. Dengan kondisi serta fasilitas yang ada ini membuat para orang tua bersemangat untuk menyekolahkan anaknya baik itu dari warga yang mapu maupun kurang mampu. Kalau masalah pendidikan untuk para lansia yang buta aksara sepengetahuan saya sepertinya belum ada gerakan atau wadahnya. Ya harapanya kedepan harus ada sebagai upaya untuk mencerdaskan warganya khususnya para lansia supaya bisa membaca dan menulis. Satu lagi yaitu penyediaan Taman Bacaan Masyarakat/Perpustakaan Desa belum ada. kembali harapan saya semoga pemdes ataupun pihak swasta bisa segera membuatkan TBM untu warga desa, supaya nantinya bukan hanya untuk sekadar tempat membaca dan meminjam buku, melainkan akan banyak kegiatan dengan adanya komunitas-komunitas belajar.

  • Penanganan Bencana
Penanganan bencana di desa campurejo
Sudah beberapa kali desa kami melaksanakan sosialisasi dan simulasi bencana dalam mengantisipasi bencana yang disebabkan kebocoran gas atau bahaya dari kegiatan pengeboran migas baik di Pad A sekitar campurejo telah dilakukan oleh Tim Penanggulangan Keadaan Darurat dan Bahaya (PKDB) JOB PPEJ. Ya mengingat beberapa tahun lalu silam pernah kejadian dimana migas mengalami kebocoran sehingga mengakibatkan warga panik dan berhamburan untuk mengungsi karena menghirup bau menyengat dan beberapa kali juga pernah meledak.

Maka, dengan adanya penanganan seperti ini diharpakan masyarakat agar mereka memahami bagaimana tanggap bencana jika terjadi bencana. Apabila memang membahayan warga masing-masing tim dari instansi terkait akan melaksanakan tugasnya masing-masing. Misalnya dari Puskesmas memberikan masker atau obat-obatan, Dinas Perhubungan mengatur kelancaran kendaraan, kalau ada kebakaran maka BPBD mengirimkan kendaraan PMK dll, Begitu juga dengan penanganan bencana ketika banjir di daerah pinggiran tanggul bengawan.

  • Tata Kelola Administrasi Desa

Menurut pandangan saya sebagai warga desa, Pengelolaan Dana Alokasi Desa (ADD) maupun bantuan program CSR dari MCL oleh Pemdes Campurejo dalam menunjang kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan telah sesuai dengan prosedur dan penggunaanya pun cukup efisien dan tepat sasaran. Karena memang pemdes sedang giat melakukang perbaikan dan pembangunan desa pembangunan sarana pendidikan, masjid, jalan paving, normalisasi saluran air, pembuatan sumur & MCK, dan masih banyak lagi pembangunan lainya, bahkan juga digunakan untuk bedah rumah bagi keluarga yang kurang mampu. Mungkin kalau ada kurang optimalnya pengelolaan ADD disebabkan oleh kurangnya koordinasi antara pemdes dengan pemkab, sehingga menghambat proses pencairan dana ADD.


DESA SEHAT DAN CERDAS

Bojonegoro Matoh, Green, Clean and Calm
Demikian apa yang bisa saya tulis dan ceritakan mengenai kondisi Campurejo Menuju Desa Sehat dan Cerdas, walaupun belum sepenuhnya terpenuhi pemdes beserta warga desa akan terus berusaha menjadikan desa ini LINGKUNGAN BERSINAR (Bersih, Indah, Sehat & Rapi)Pada intinya gerakan desa sehat dan cerdas yang dicanangkan pemkab bojonegoro ini adalah sinergitas Pemerintah Kabupaten, Pemerintah desa, dan masyarakat dalam mewujudkan percepatan pencapaian derajat kesehatan dan pendidikan rakyat. Ini merupakan sebuah gerakan yang bagus dan wajib mendapat dukungan masyarakat karena pada akhirnya muara atau hasilnya nanti juga untuk masyarakat sendiri dan kemajuan kota kita tercinta Bojonegoro untuk mencapai cita-citanya sebagai kabupaten penghasil lumbung pangan dan energi. WONG BOJONEGORO SEHAT PRODUKTIF DAN BAHAGIA!

Judul : "Campurejo Menuju Desa Sehat dan Cerdas".
Penulis : Moch Achsanul In'am
Previous
Next Post »

27 komentar

Click here for komentar
1 Desember 2014 05.30 ×

mantap mas... desa nya bersih, fasilitasnya juga bersih2 yah... :) semoga sukses ya mas

Reply
avatar
1 Desember 2014 05.32 ×

Keren banget neh kampung, jadi pengen menerapkan seperti ini. foto dengan deskripsi "Rata-rata warga sudah menerapkan Lantai Rumah Sehat (Kramik, Mester, Paving)" kayanya ane tahu tuh rumah sapa, rumah ADMIN blog ini kan???

Reply
avatar
budi purnomo
admin
1 Desember 2014 07.14 ×

Seneng banget mas ngeliat kondisi sama kebersihan lingkungan di sana, jd ngedadak pingin pulang kampung deh hehe

Reply
avatar
1 Desember 2014 08.28 ×

selamat kepada warga campurejo karena telah mendapat penghargaan sebagai desa Bersih dan Lestari (BERSERI) dari Provinsi Jawa Timur mas

Reply
avatar
Dede Thea
admin
1 Desember 2014 15.47 ×

wah ini bisa dijadikan Desa Percontohan nih,,,ayoo kita ciptakan desa kita menjadi Desa yang Bersih dan Sehat...

Reply
avatar
2 Desember 2014 04.15 ×

bukan saja menuju desa sehat dan cerdas ne mas.. tapi ini bisa dikatakan desa, sehat, cerdas, dan bersih. semoga masyarakat nya tetap menjaga lingkungannya ya..

Reply
avatar
Sigit Sapto
admin
2 Desember 2014 04.51 ×

tidak gampang menuju desa sehat dan cerdas, pasti kedisiplinan tinggi dan saling memahami kesadaran hidup sehat sangat penting. saya yakin desa dan penduduk desa campurejo sangat super dn cerdas

Reply
avatar
Mbak Susi
admin
2 Desember 2014 06.09 ×

Bisa jadi percontohan untuk daerah dan tempat lainnya :)

Reply
avatar
2 Desember 2014 12.59 ×

kalau diliat2 kayaknya nih desanya orang menengah ke atas ya...hehe...kunjungan balik mister gan :D

Reply
avatar
2 Desember 2014 13.00 ×

aamiin aamiin...bener mas, keliatan sangat bersih dan terawat...pasti masyarakatnya disiplin skali

Reply
avatar
2 Desember 2014 17.44 ×

bagus banget tuh mas yanto... telah dapat penghargaan desa bersih dan lestari... semoga desa-desa yang lainnya bisa melakukan seperti desa ini.

Reply
avatar
Kang Muroi
admin
3 Desember 2014 16.52 ×

wah tidak salah sepertinya menjadi desa yang sehat dan cerdas, semua tertata rapi dan bersih, fasilitas juga mencukupi..semoga terwujud ya mas...

Reply
avatar
yuna
admin
3 Desember 2014 20.50 ×

nice to meet you all guys ..please visit me back..

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
4 Desember 2014 18.47 ×

amin.. termakasih kang eka dan mas zeer atas doanya, smoga desa saya kedepanya benar-benar menjadi desa yang sehat dan cerdas

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
4 Desember 2014 18.50 ×

alhamdulillah.. makasih bang, iya walaupun belum sempurna akan disuahakan terus untuk menjadi yang lebih baik lagi. semoga kampung bang haikal di jakarta juga bisa ya..

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
4 Desember 2014 18.52 ×

alhamdulillah.. terimakasih mas, prestasi tersebut yang akan terus memotivasi kami untuk menjadikan desa ini lebih baik dan maju lagi, terutama masalah kebersihan dan kesehatan

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
4 Desember 2014 18.54 ×

wah.. hehe saya amin'in deh mas, semoga jadi kenyataan meskipun masih jauh untuk menuju kearah sana

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
4 Desember 2014 19.07 ×

iya mas, ini masih tahap untuk menuju ke arah sana, mohon doanya semoga bisa tercapai.. amin makasih mas ehwan supportnya

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
4 Desember 2014 19.09 ×

betul sekali mas sigit, semua diawali dengan niat, semangat dan usaha. paling tidak perubahannya bisa dirasakan warga supaya lebih nyaman dalam kegiatan sehari-hari. amin..

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
4 Desember 2014 19.11 ×

haha lama nggak pulang kampung ya mas, di jakarta nggak ada pemandangan yang hijau-hijaun ya, hehe ya kalau liburan mas refreshing di kampung

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
4 Desember 2014 19.12 ×

amin.. semoga jadi kenyataan. terimakasih dukunganya mbak susi buat desa saya

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
4 Desember 2014 19.13 ×

hehe iya mas, perlahan-lahan mulai ditata dengan baik mas. amin.. thanks kang

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
4 Desember 2014 19.14 ×

hehe nggak juga mas, merata kok semuanya kita anggap sama satu kampung satu keluarga :D

Reply
avatar
7 Desember 2014 18.54 ×

saya datang lagi mas, berjalan-jalan dan bersantai ke desa seperti ini, sangatlah nyaman sekali mas...

Reply
avatar
Ai Wida
admin
8 Desember 2014 00.17 ×

Syukur alhamdulillah sekarang di tiap desa sudah membangun desa yang sehat dan bersih, tingkatkan terus (y) #SalamSehat

Reply
avatar
13 Desember 2014 06.37 ×

Amin. Semoga di sekeliling rumah ane bisa seperti ini. Kalau suasana seperti ini hidup menjadi nyaman. Kalau hidup terasa nyaman, Insya Allah umur akan panjang

Reply
avatar
Thanks for your comment