Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Forum Komunitas Blogger Indonesia Idblogschool

Forum Komunitas Blogger Indonesia Idblogschool
Forum Komunitas Blogger Indonesia Idblogschool
Halo sobat, saya punya info menarik nih buat kalian semua khususnya para blogger. Kemaren pada waktu browsing di google, saya nggak sengaja nemuin link website keren. tanpa pikir panjang langsung saya buka websitenya, Usut punya usut setelah saya kunjungi dan telusuri ternyata website tersebut merupakan sebuah forum blogger indonesia yang baru dibuat. Saya pun sempet kepikiran "Kayaknya tempat ini bakalan ngehits dan asyik buat nongkrong didunia maya", maksutnya nongkrong disini itu kita bisa silaturhami bareng dengan sesama blogger, hehe. setiap blogger ketika ingin bergabung ke sebuah forum tentu bukan hanya sekedar ikutan-ikutan pasti ada niatan dan tujuan positif yang dinginkan, maka dari itu forum sejatinya merupakan tempat terbaik para blogger untuk bisa belajar dan mendapatkan ilmu.

Ya kalau ngomongin forum online di indonesia memang sudah banyak sih, tapi situs yang satu ini beda banget sobat, mulai dari tampilan, fitur, hingga topik pembahasan dari kontenya sangat beragam dan para membernya juga asyik diajak ngobrol dan sharing, apalagi kalau sudah diajak ngebahas semua permasalahan tentang blog, beuh.. semua member pasti langsung ngerespon. mau tanya tentang apa ini itu bakalan dijawab. Kalian pasti penasaran kan sobat? hehe Oke-oke tenang saya akan kasih tahu nama forumnya itu Idblogschool.

Forum Blogger Indonesia

Idblogschool.com
Idblogschool.com
Idblogschool.com adalah sebuah forum komunitas blogger indonesia yang menampung berbagai blogger baik itu pemula maupun profesional untuk bisa belajar bersama dan saling bertukar fikiran tentang permasalahan seputar dunia blogging. Idblogschool sendiri didirikan oleh beberapa blogger Indonesia yang sudah merasakan manisnya kesuksesan di dunia blogging.

Forum blogger indonesia ini hadir dengan mengusung visi misi utamanya yaitu menyebarkan virus blogging ke seluruh masyarakat indonesia dan menciptakan blogger indonesia yang proffesional, ber-Etika, dan bermartabat. yang pasti juga memberikan kebahagiaan dan kenyamanan kepada semua membernya dalam berinteraksi sesama blogger untuk membahas berbagai topik menarik maupun segala permasalahan yang ada hubunganya dengan ngeblog.

Kenapa Harus Gabung di Idblogschool?

Forum blogger indonesia
Rugi deh kalau nggak gabung di Idblogschool. kenapa saya bilang rugi? Jelas rugi sob, Jadi disini kita bisa sharing dan tanya apa saja kepada seluruh member Idblogschool forum blogger indonesia yang penting bisa memberikan manfaat. Dan saya rasa materi-materi disana sangat cocok sekali buat sobat yang mempunyai dan membangun sebuah blog untuk memperoleh pundi-pundi penghasilan, soalnya di Idblogschool banyak juga postingan maupun tanya jawab mengenai SEO yang mana erat kaitanya dalam mendatangkan traffik dan memposisikan blog nya di page one search engine mau itu google, yahoo, bing dan lain sebagainya. begitu juga dengan topik tentang Monetisasi blog/website. Selain itu kita juga bisa menikmati fitur-fitur keren yang tersaji di website dan ngeblog pun jadi tambah asyik. daripada harus kursus bayar dengan biaya yang lumayan mahal mending saya saranin untuk gabung di Idblogschool.com aja :)

Tampilan Idblogschool 

Komunitas Blogger Indonesia

Nah, setelah kalian mengetahui apa itu Idblogschool sekarang saatnya saya akan memberitahu bagaimana tampilan websitenya apabila dilihat baik dari layar komputer atau laptop maupun layar smartphone. udah nggak sabar pengen melihat wujud asli Idblogschool.com forum blogger indonesia? simak baik-baik ya, jangan sampai berkedip. hehe. satu dua tiga.. Chekidoot..
Tampilan home Idblogschool (dari layar laptop)
Komunitas Blogger Indonesia
Tampilan Idblogschool (dari layar smartphone)
Itulah tampilanya, keren kan? Kesan pertama saya ketika membuka tampilan websitenya lewat laptop memang terihat menarik dan simpel, begitu juga dengan tamilan di smartphone yang nampak terlihat responsive. Tentu tampilan seperti ini yang diharapkan para member karena memberikan kemudahan dalam menggunakan fitur dan kontenya. selain dari segi design juga ditunjang dengan kecepatan web browsing saat dibuka alias fast load.


Fitur-Fitur di Idblogschool

Forum Blogger Indonesia

Kenalan sudah, lihat tampilan juga sudah. sekarang waktunya membahas sekaligus mencoba fitur yang tersedia di Idblogschool. Disini saya akan memberikan gambaran dan contoh bagaimana cara menggunakan berbagai fasilitas mulai dari menu chanel, search tools, aktifitas/statistik, setting profile dan juga conversation. Oke tidak usah panjang lebar langsung saja simak ulasan dan tutorial saya berikut ini:

Menu Chanel
Pilihan chanel Idblogschool
Pertama, saya akan membahas tentang menu chanel, dimana sobat disini bisa memilih sesuka hati topik apa yang ingin disimak atau dibaca, karena kategorinya juga banyak dan beragam, selain itu tiap hari postingan yang ada selalu berubah dalam artian muncul postingan baru yang diterbitkan oleh para member. Jadi bisa dipastikan bawah kalian akan selalu mendapatkan update info-info terbaru maupun yang lama. Biasanya postingan yang menarik akan terlihat jumlah komentar atau tanggapan yang banyak.

Search Tools
Kedua, mengenai search tools boleh saya katakan fitur ini merupakan yang terlengkap dari isi menu search yang pernah saya lihat di forum-forum lain, sobat juga bisa lihat sendiri diatas bagaimana rapi dan lengkapnya, semua aktivitas postingan atau conversation terekam, tentu ini sangat membantu kita dalam melakukan pencarian.

Aktivitas dan Statistik
Aktivitas di Idblogschool

Ketiga, seperti pada umumnya ketika kita melakukan segala kegiatan di blog baik itu blogspot, wodpress maupun yang lain pasti akan ada semacam arsip dan data statistik seperti waktu, jumlah postingan, komentar dll. di Idblogschool sendiri juga tersedia fitur tersebut namun lebih terlihat simpel dan mudah dilihat. Dan yang lebih menarik lagi disini kita juga bisa melihat siapa saja member yang sedang online secara bersamaan dengan kita. keren kan?

Setting Profile

Keempat, sebagaimana fungsinya dimana setting profil merupakan tempat untuk mengatur foto, notifikasi/pemberitahuan maupun mengganti email dan pasword. selain itu di Idblogschool kita juga bisa mensetting privacy akun kita, apakah segala aktifitas kita ingin diketahui member lain atau bisa juga kita dihidden. Saya sedikit saran untuk admin dimana kedepanya pada menu profile bisa ditambahkan tempat untuk menaruh link blog atau website sehingga kita bisa tahu, soalnya tidak semua member menggunakan username atas nama blognya.

Conversation
Kelima, nah kalau untuk fitur conversation ini sangat penting untuk dibahas ya karena merupakan inti dari serangkaian aktivitas ketika disebuah forum blogger indonesia. Berawal dari fitur ini kita bisa melakukan tanya jawab, bertukar fikiran dan juga berbagi ilmu lewat postingan. Saya akan menjelaskan sekaligus memberikan tutorial kepada sobat semua, yang nantinya akan saya bagi menjadi dua sub. antara lain yang pertama cara untuk menulis di conversation, kedua mengenai cara menjawab atau membalas conversation.

> Cara memmbuat thread/postingan di Idblogschool.com
Membuat thread conversation di Idblogschool
Dari ulasan gambar saya diatas sudah cukup jelas bagaimana cara membuat postingan/pertanyaan di conversation. langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah mengklik tombol New Conversation yang ada di pojok kanan atas, lalu akan muncul form dan tuliskan judul beserta isinya jika sudah selesai semua pilih Change Chanel sesuai dengan kriteria atau kategori thread postingan sobat. kemudian tekan tomvol Start Conversation. dan tunggu beberapa detik postingan akan muncul ke halaman depan sehingga akan dilihat oleh para member.

> Cara berkomentar di Idblogschool.com
Mengomentari postingan di Idblogschool
Selanjutnya apabila anda ingin mengomentari sebuah thread atau postingan dari teman-teman blogger member Idblogschool.com, caranya mudah langsung saja pilih thread yang ingdin kalian komentari, setelah kalian memilih dan sudah berada di thread silakan sobat scroll ke tempat paling bawah nanti akan ketemu form untuk berkomentar. Jika sudah sobat bisa menulis komentarnya sesuai dengan tema yang dibahas dan pasti harus sopan sob, hehe selanjutnya klik tombol Post a Replay tunggu beberapa detik komentar sobat akan muncul. mudah kan :)

Itulah fitur-fitur yang ada di Idblogschool, Oh iya sisi lain yang menarik dari forum ini adalah adanya pemberian gelar atau title dari pengurus website, dimana title tersebut di berikan berdasarkan kriteria tertentu dan keputusan itu merupakan hak dari para pengurus. beberapa gelar yang saya ketahui dari profil para member diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Member : Title ini diberikan kepada blogger yang baru bergabung menjadi member Idblogschool dan belum terlalu aktif di forum, namun sewaktu-waktu gelar ini juga bisa berubah sesuai dengan perkembangan member ketika aktif di forum dan juga keputusan dari para pengurus.
  • Blogger Proffesional : Title ini diberikan secara khusus oleh pengurus kepada member yang sangat aktif untuk menjawab dan memecahkan masalah dari pertanyaan-pertanyaan para member yang lainnya.
  • Staff : Dan gelar yang satu ini diberikan oleh pengurus kepada member yang senantiasa membantu untuk mebangun, mempromosikan dan membesarkan situs Idblogschool secara sukarela alias tanpa biaya. dan masih banyak gelar-gelar yang lainya.

Cara Membuat Akun di Idblogschool

Forum Komunitas Blogger Indonesia

Join Now
Terakhir, ini yang ditunggu-tunggu disini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mendaftar di Idblogschool.com untuk join sebagai member, caranya cukup mudah. Pertama silahkan sobat klik tombol SIGN UP letaknya ada di pojok kanan atas website, jika sudah nanti akan muncul sebuah form pendaftaran. Kedua isi semuanya sesuai yang diminta baik itu username, email dan pasword. Catatan khusus untuk username kalian bisa mengisinya dengan dua opsi bisa menggunakan nama domain blog milik sobat atau bisa diisi dengan username biasa seperti punya saya. Tapi yang sangat dianjurkan oleh admin adalah nama domain blog/website. gimana mudah kan cara daftar/membuat akun di Idblogschol? Oh ya sebelum kalian join sebaiknya baca dulu Ketentuan dan Peraturan disini http://idblogschool.com/tos.html

Demikian apa yang bisa share dan infokan kepada sobat blogger semua tentang forum kumpulan blogger indonesia Idblogschool, semoga bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi referensi tempat yang positif buat kalian untuk belajar dan mengembangkan bakat di dunia blogging serta mempererat tali silaturahmi persahabatan dengan para blogger nusantara dimanapun berada. Tunggu apa lagi langsung saja join dengan mengklik gambar dibawah ini.
Forum blogger indonesia
Selamat Bergabung di IDblogschool
====================================


Judul : Forum Komunitas Blogger Indonesia Idblogschool
Penulis : Moch Achsanul In'am
Akun Idblogschool : In'am Achsan

Referensi : 
http://idblogschool.com/
http://idblogschool.com/tos.html
Logo Idblogschool : http://idblogschool.com/uploads/logo.png
Design gambar dan ilustrasi milik pribadi.

52 comments for "Forum Komunitas Blogger Indonesia Idblogschool"

  1. Wow kayaknya keren juga nih forum mas Achsan. Mau coba daftar dulu siapa tahu dapat ilmu yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya allah pasti dapet ilmu yang sangat bermanfaat mas saya juga masu daftar ahhh

      Delete
    2. Wah seru neh forumnya, tapi saya terkesima dengan artikel mas Acsan menjelaskan cukup lengkap dan animasi gambar yang keren... Semoga Menang Gan....

      Delete
    3. @syafar : iya mas, monggo silakan daftar disana, kumpul sama teman-teman blogger keren disana :)

      @cinta : betul sekali, salah satu tujuan gabung disana untuk memperoleh ilmu
      @iqrozen : hehe, iya mas seru kok disana bisa tanya2. ah artikelnya biasa aja kok mas ini, hehe makasih mas

      Delete
  2. Semoga dengan hadirnya forum ini dapat semakin memajukan blogger Indonesia ya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin.. setuju mas arie semoga kedepan makin sukses dan memberikan banyak manfaat

      Delete
  3. lengkap mendetail banget mas, sepertinya bakal rame forum komunitas blogger Indonesia ini ya mas. ke tkp daftar dulu mas...terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas, iya betul insyallah makin rame kedepan. ini masih proses soalnya

      Delete
  4. Saya masih penasaran nama mesin forum yang dipakai forum ini.
    Kalau ngeliat tampilannya sih bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau penasaran langsung saja mas ridha daftar dan nikmati keseruanya, hehe
      nanti juga bakalan tahu kok :)

      Delete
  5. Menarik nih mas ulasannya, dari pad penasaran mending lagsung ke Tkp deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, sip langsung meluncur.. ntar kita bisa ketemuan disana mas bud :D

      Delete
  6. komunitas menarik, banyak kawan banyak manfaat
    cek dulu ke idblogschool

    ReplyDelete
    Replies
    1. manteb bener banger mas forum blogger indonesia yang satu ini memang kece baday dari tampilan dan lain-lain

      Delete
  7. wahh kebetulan saya ini newbie mas jadi kpengen langsung gabung nihhh makasii ya atas infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah.. mas ainnul bisa aja, padahal sudah lama ngeblog gitu kok :)
      oke mas dilakan gabung forum blogger indonesia, idblogschool

      Delete
  8. Ulasanya lengkap banget bos. Bikin kepengen segera daftar ajj

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sengaja saya buat lengkap biar yang baca cepet paham, hehe

      Delete
  9. bisa tempat belajar yang asyik nih ya mas. thanks infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sesua dengan namanya idblogschool, forum blogger indonesia

      Delete
  10. Lumayan buat nambah-nambah pengegahuan baru nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, nambah ilmu dan nambah teman pastinya bro

      Delete
  11. Saya saat ini juga sedang menjadi salah satu admin sebuah forum di Pontianak. Saya tertarik juga nih untuk mampir ke forum ini. Boleh juga info nya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kedatangan pengelola forum pontianak nih, hehe
      silakan mas asep, semoga bisa memberikan manfaat :)

      Delete
  12. forum silaturrahmi ni rupanya,boleh juga kita gabung ,biasanya banyak manfaat yang kita dapat dari forum seperti ini,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas dede, disana sudah lumayan banyak membernya. selamat bergabung ya..

      Delete
  13. kelihatannya menarik nih bergabung di sana, saya suka ilus trasinya, keren mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. luamayan lah mas trasinya. terimakasih mas budi. ayo dong gabung :)

      Delete
    2. ayo pada gabung bareng2 agar banyak teman

      Delete
  14. wah kayaknya keren nih buat nambah-nambah wawasan, gabung yuh kawan-kawan :)

    ReplyDelete
  15. iya mas, forum blogger indonesia ini sangat cocok sekali buat sharing terlebih buat para blogger

    ReplyDelete
  16. Wah ok banget nih bisa kumpul2 ke semua blogger...lebih mudah untuk berinteraksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kayaknya seru ya gan bisa mengenal sesama blogger dan menjalin persahabatan sesama blogger

      Delete
  17. menarik sekali nih sepertinya,jadi banyak teman blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups...pokoknya banyak keuntungan bila gabung disana...banyak blogger baik hati dan bisa kawan yang banyak rip

      Delete
  18. wuih lengkap juga penjelasannya mengenai idblogschool...kebetulan udah gabung juga di sana. ok selamat ya, moga sukses mengikuti kontesnya. jangan lupa makan-makan mas. heheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mantab mas, selamat bergabung di forum komunitas blogger indonesia nanti kita jumpa disana ya. amin makasih mas doanya

      Delete
  19. alhamdulillah berkat referensinya saya tertatik ikut daftar terimakasih mas infonya

    ReplyDelete
  20. ohh ini punya Mas Inam to? asyiik, saya kan belum gabung ya..
    saya tertarik deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bukan punya saya mas zach, forum blogger indonesia ini didirikan oleh para blogger profesional dan yang pasti akan menjadi komunitas blogger indonesia yang keren nantinya

      Delete
  21. Harus saya akui Gan jika Idblogscholl merupakan forum yang saya suka diantara forum-forum lainnya, hal itu karena

    1. Khusus untuk Blogging
    2. Ringan dan mudah aksesnya
    3. Tempat sharing ilmu seputar blog

    Saya juga sudah menjadi Membernya :D

    ReplyDelete
  22. Ijin nyimak aja dulu kak ?

    Admin : www.sagitasoft.com

    ReplyDelete
  23. ulasannya lengkap dan komunitasnya sangat menarik sekali mas...

    ReplyDelete
  24. Tempat nongkrongnya para blogger yaa mas? Saya juga udah bikin dengan username simpel "imron"

    ReplyDelete
  25. Ingin gabung untuk mendapatkan informasi tapi webnya kok tidak bisa di akses ya?

    ReplyDelete
  26. sangat bermanfaat artikel ini, tapi kok sya gak bisa daftar di Idblogschool ya, mohon sarannya

    yunaler.blogspot.com

    ReplyDelete
  27. Alamatnya ganti aja bro...
    sekarang udah ganti ke https://idblogschool.me/d/8-ayo-bergabung-bersama-kami

    ReplyDelete