I+Aceh (International Art-Creativity & Engineering Exhibition)

I+Aceh, itulah topik yang akan saya bahas di artikel kali ini. Ya dalam rangka kegiatan dies natalis yang pertama, Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) menggelar sejumlah kegiatan diantaranya pameran inovasi bertaraf Internasional 1st I+Aceh (International Art-Creativity & Engineering Exhibition), yang mana event ini menghadirkan berbagai jenis karya seni, produk kreatif dan inovatif dan hasil riset dari berbagai negara.

Berbicara mengenai event internasional tentu banyak sisi positif yang bisa kita petik baik itu manfaat maupun kesan setelah diadakanya, disisi lain juga timbul rasa kebanggaan tersendiri apabila sebuah negara mampu mempelopori dan menjadi tuan rumah penyelenggara yang baik dan sukses. begitulah kiranya yang sedang dirasakan oleh UUI yang mempunyai acara I+ACEH sekaligus mendelegasikan diri sebagai wakil indonesia. Yang pasti ajang pameran internasional semacam itu akan memberikan keuntungan lebih bagi pihak kampus dan indonesia pada umumnya, untuk mempromosikan kesenian, kebudayaan lokal, invoasi dan hasil karya anak bangsa ke mancanegara.

Mengenal Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI)

Sebelum lebih jauh membahas tentang I+ACEH, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu kepada yang punya hajat yuk. Universitas Ubudiyah Indonesia atau yang sering disapa dengan nama UUI merupakan universitas yang didirikan untuk mencetak para ilmuan, peneliti, profesional dan pemimpin Aceh masa depan. Dimana di kampus yang memiliki visi menjadi World Class Cyber University ini, para mahasiswanya akan mendapatkan fasilitas lengkap dengan berbagai kemudahan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dikendalikan oleh Badan Perencana Sistem Informasi (BAPSI) UUI.

Secara keseluruhan UUI mempunyai 6 fakultas, yakni Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ilmu Komputer. dan perlu anda ketahui bahwasanya UUI beserta seluruh program studinya telah terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan akreditasi Institusi 2014 lho.
Fakultas yang ada di UUI
Alasan kenapa harus kuliah di UUI
Dari segi keunggulan tak perlu diragukan lagi, karena kampus ini memiliki segudang keunggulan yang mungkin belum tentu dimiliki oleh kampus lain. Diantaranya yang pertama di ajar oleh Dosen lulusan master (S2) dan doktor (S3) yang berprestasi dan berkompeten dibindangnya, kedua terdapat fasilitas kampus yang sangat lengkap demi memperlancar atau menunjang proses belajar para mahasiswa termasuk unit kegiatan mahasiswa (UKM) pun juga beragam. ketiga Terakreditasi dan telah menjalin kerjasama dengan sejumlah universitas dalam dan luar negeri antara lain Unviersitas Gunadarma Jakarta, Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Universiti Malaysia Perlis (Unimap), Budapest Business School (BBS), Semmelweis University, PEC’s University (Hungaria) dan masih banyak yang lainya. keempat UUI dalam kiprahnya selama sepuluh tahun ini sudah memperoleh berbagai penghargaan baik itu dari lokal maupun mancanegara. itu hanya sebagian keunggulan saja yang bisa saya tulis dan yang pasti masih banyak lagi kelebihan dari kampus cyber UUI.

Profil Universitas Ubudiyah Indonesia

Nah itulah profil singkat dari Universitas Ubudiyah Indonesia, dari penjelasan saya diatas saja sudah bisa diambil kesimpulan kalau kampus ini menjadi pilihan tepat untuk anda yang sudah lulus Sekolah Menengah dan ingin melanjutkan ke jenjang yang Perguruan Tinggi untuk mengejar cita-cita sebagai ilmuan, peneliti, professional dan pemimpin Aceh masa depan. Untuk mengetahui info lebih lanjut silakan baca dan kunjungi data dibawah ini.
Alamat Office :
Kampus Universitas Ubudiyah Indonesia
Jln Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh - Indonesia
Kode Pos 23114 | Website : uui.ac.id
Telp. 0651 7555 566 | Fax : 0651 7555 566

Apa itu I+ACEH?

I+Aceh
Seperti janji saya sebelumnya setelah mengetahui profil dari kampus UUI sekarang saatnya saya akan mereview atau membahas tentang apa yang dimaksud dengan I+ACEH. Jadi International Art-Creativity & Engineering Exhibition atau I+ACEH adalah kegiatan yang diselenggarakan sebagai langkah UUI menuju World Class  Cyber University. Dengan mengadakan pameran kreatifitas, hasil riset maupun seni sekaligus perlombaan dengan menghadirkan kategori diantaranya seperti berikut ini.
  • Recycle Art kegiatan yang terdiri dari berbagai kompetisi sebagai ajang untuk menciptakan sebuah karya unggul atau produk yang innovative dan kreatif yang memanfaatkan limbah dalam upaya peningkatan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
  • Creativity dan Innovation competition berisi berbagai macam bakat, karya, dan jasa dari hasil kerativitas dosen, mahasiswa dan siswa SMA/sederajat serta berbagai karya unik yang dapat menghibur serta menambah pengetahuan pengunjung tentang karya yang bersifat inovasi. 
  • Robotics Competition kegiatan merancang dan membangun robot yang mampu menyelesaikan tugas serta bermain melawan tim lain untuk menjadi yang terbaik. 
  • Engineering & Technology Competition merupakan wahana yang menggabungkan antara teknik dan technology yang dimiliki dosen, mahasiswa dan siswa SMA/sederajat.

Tujuan diselenggarakan I+ACEH

Penyelenggaraan 1st I+Aceh 2015 ini mempunyai tujuan yakni sebagai sarana publikasi dan ajang lomba karya-karya terbaik insan akademis baik dosen, mahasiswa maupun siswa SMA/Sederajat dalam rangka pengembangan ide dan fungsi IPTEK sehingga memunculkan karya teknologi yang lebih kreatif dan inovatif yang nantinya dapat dipakai dan memberikan manfaat bagi masyarakat serta untuk mengantarkan putra/putri terbaik untuk berlomba di ajang Internasional lainnya, seperti i-ENVEX, MIROC, IYIA, dan IYIC 2015.

Pada event pameran ini sejumlah Universitas mitra kerjasama luar negeri juga mendapat undangan untuk hadir dan memeriahkan I+ACEH antara lain Malaysia, Amerika Serikat, Kanada, Korea Selatan. Natinya tim dari masing-masing negara ini akan menampilkan produk unggulannya dalam empat kategori, antara lain seni daur ulang, produk inovasi, produk kreatif, dan produk teknik. Sementara itu tim dewan juri yang dihadirkan juga tak main-main sobat, Yang pasti juri tersebut berasal dari sejumlah negara di Asia yang sangat berpengalaman dalam exhibition tingkat Internasional dan pendaftaran peserta pada I plus ACEH 2015 ini dilakukan secara online di situs resmi I+ACEH 2015: www.iplusaceh.uui. ac.id.

Para pemenang dari kegiatan International Arts, Creativity, and Engineering Exhibition diberikan kesempatan untuk mendapatkan reward dari pihak penyelenggara, antara lain:
  1. Diikutsertakan dalam ajang kompetisi International Exhibition
  2. Mendapatkan special award price dari partner special pihak penyelenggara 
  3. Mendapatkan Best of The Best Award dari gabungan katagori recycling art, creativity & Innovation, robotics dan engineering & technology.
  4. Mendapatkan sejumlah uang tunai, medali dan sertifikat keikutsertaan kegiatan.

Kesimpulan dan Harapan untuk I+ACEH

video dokumentasi I+ACEH 2015

Pameran inovasi ini merupakan peluang besar bagi para pelajar, mahasiswa dan dosen untuk dapat memamerkan hasil inovasi mereka, sehingga dapat dilihat di kalangan internasional, dan tentunya akan menjadikan UUI sebagai pelopor inovasi di Aceh dan Sumatera, dengan mendapat dukungan oleh Presiden Asia Invention Association (AIA) Mr Soung-Mo Hong dan Indonesia Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA), lembaga yang setiap tahunnya menggelar even International Youth Inventor Award.

Harapan kedepanya semoga event-event seperti ini bisa diselenggarakan tiap tahunya. dan diiharapkan juga mampu mendorong dan merangsang untuk mengembangkan berbagai bentuk penemuan melalui desain alat inovatif yang berguna bagi mesyarakat. Sekian apa yang bisa saya informasikan semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk sobat semua supaya lebih semangat lagi dalam hal berkreasi dan berinovasi.

Moch Achsanul In'am
referensi :
http://uui.ac.id
http://iplusaceh.uui.ac.id
https://www.facebook.com/cyber.uui
Previous
Next Post »

9 komentar

Click here for komentar
15 Mei 2015 06.34 ×

woow lengkap dan akurat banget penjelasannya mas Achsan

Reply
avatar
Putra Oke
admin
15 Mei 2015 07.01 ×

Info yg bermanfaat, semoga menjadi unggulan dalam mendidik gnerasi muda untuk bersaing di era global ini

Reply
avatar
15 Mei 2015 08.03 ×

Dengan adanya kegiatan 1st I+ACEH (International Art-Creativity & Engineering Exhibition) tentunya menjadi kegiatan yg positif bagi Teman2 Akademisi ya Mas :) untuk pengembangan ide karya teknologi yang kreatif dan inovatif .... mantaaab kegiatannya .. :)

Reply
avatar
Reo Adam
admin
15 Mei 2015 08.20 ×

keren event nya mas,dari beberapa negara hadir juga ya.

Reply
avatar
15 Mei 2015 08.25 ×

Penjelasannya lengkap, sangat informatif....terima kasih sudah mau berbagi

Reply
avatar
Mangs Aduls
admin
15 Mei 2015 19.54 ×

lengkap banget. jujur saya baru tau kang. :D Mudah - mudahan I+ACEH tidak hanya pertama tapi menjadi berkelajutan...

Reply
avatar
15 Mei 2015 21.07 ×

mudah-mudahan dengan diselenggarakannya event ini bisa memajukan dunia pendidikan indonesia mas, agar bisa bersaing diera global ini :)

Reply
avatar
budi purnomo
admin
16 Mei 2015 05.47 ×

Nge khas banget postingan mas achsan, komplit fol pokok e :)

Reply
avatar
Sains Box
admin
18 Mei 2015 04.45 ×

saya dukung penuh sob... semoga sukses ya keren bgt pokoknya I+Aceh ^_^)b

Reply
avatar
Thanks for your comment