Nge-Game Makin Asik dengan ASUS Zenfone Max Pro M1

Sobat, setiap orang tentunya mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, begitu juga dengan kebutuhan akan smartphone. Ya, jika para influencer membutuhkan smartphone dengan kamera yang mumpuni, lain lagi halnya dengan para gamer yang pada umumnya membutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang handal dan mumpuni.

Tak bisa dipungkiri para gamer pastinya menginginkan prosesor terbaik untuk kenyamanan bermain game kan? Ketika bermain game tentunya menginginkan prosesor akan bekerja maksimal, apalagi mobile game seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, FIFA Soccer, Clash of Clans dan lain-lain. Prosesor pastinya akan bekerja dengan kekuatan terbaiknya untuk bisa menjalankan game tersebut dengan mulus. Tapi yang pasti sih semakin baru generasi prosesornya, maka akan semakin enak juga memainkan game-nya.

Game mobile yang ada di smartphone saya.
Disisi lain ketika membicarakan soal smartphone gaming, tak cukup hanya tentang spesifikasi yang gahar, kenapa? karena smartphone itu harus benar-benar memiliki fitur yang mendukung untuk bermain mobile game. Gak asik juga kan kalau spesifikasinya udah tinggi, tapi pas buat main game layar dan body-nya cepet panas. Lantas seperti apa seharusnya spesifikasi atau kriteria ideal sebuah smartphone gaming? dan bagaimana tips memilihnya?.

Untuk besaran layar sebenarnya bukan menjadi pertimbangan utama, tapi punya peran besar untuk memperoleh pengalaman bermain mobile game dengan nyaman. Seperti yang kita ketahui bahwa smartphone saat ini rata-rata memiliki ukuran lebih dari 5 inchi jadi cukup besar, namun hal itu tidak masalah yang terpenting menurut saya smartphone tersebut mampu menyuguhkan pengalaman menyenangkan saat digenggam.
Nah kalau soal baterai, umumnya kan para gamer punya kebiasaan bermain game sampai baterai habis. Itulah sebabnya di samping performa yang handal, smartphone yang dibutuhkan para gamer yakni smartphone yang memiliki kapasitas baterai besar dengan teknologi pengisian baterai yang lebih cepat dari ponsel pada umumnya. Rata-rata untuk kapasitas baterai yang mumpuni adalah kapasitas baterai di atas 3500 mAh. Dengan demikian, jika digunakan untuk bermain game nonstop, setidaknya tetap dapat digunakan selama mungkin.
Prosesor yang handal erat kaitanya dengan kapasitas memori atau RAM yang besar. Usahakan pilih smartphone dengan RAM minimal 3 GB atau lebih bagus lagi di atas 4 GB sehingga meskipun smartphone digunakan secara multi tasking tetap masih bisa berjalan dengan smooth tanpa kendala apapun. Disisi lain, adanya penyimpanan internal besar maupun tambahan slot memori eksternal akan menjadi salah satu keuntungan bagi para gamers untuk mengunduh berbagai game dalam satu ponsel.
Dan yang terkahir, salah satu komponen yang paling utama untuk dipertimbangkan yaitu prosesor dan chipset yang diusung oleh smartphone yang hendak dibeli. Semakin tinggi spesifikasi prosesornya, maka semakin mahal pula harganya. Supaya harga tidak terlalu mahal maka kita harus pintar memilih poin penting dalam menentukan spesifikasi minimum smartphone untuk game, tentu dengan harga yang ramah sesuai dengan budget kita.

"Kira-kira ada nggak ya smartphone untuk game yang harganya terjangkau tapi spesfikasinya memukau?" Jawabanya ada! Karena saat ini ASUS telah meluncurkan produk terbarunya yaitu ASUS Zenfone Max Pro M1 dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dari produk terdahulunya yakni ASUS Zenfone Max Plus M1. Penasaran apa kelebihan dan alasan kenapa saya harus memiliki Zenfone Max Pro M1? disini saya akan coba meriviewnya.

Zenfone Max Pro M1, Smartphone "Limitless Gaming"
Tak kenal maka tak sayang begitu pepatah lamanya, kalau sudah kenal pasti kamu tahu, kalau sudah tahu pasti kamu mau, hehe. Sebelum membahas lebih jauh mengenai spesifikasinya, kita harus tahu terlebih dahulu bahwa Zenfone Max Pro M1 adalah generasi smartphone terbaru dengan platform Snapdragon 636 yang memiliki performa dan ketahanan yang maksimal sehingga selalu siap menemani para gamer beraksi!

Beberapa tahun terakhir ini saya lalu mengikuti perkembangan ASUS. Dari awal sampai sekarang boleh dibilang ASUS selalu membuat gebrakan dengan merilis laptop atau smartphone yang secara spesifikasi bagus, harganya pun juga sangat terjangkau. Munculnya Smartphone Zenfone Max Pro M1 bertajuk "Limitless Gaming" tentu memberikan kabar bahagia bagi kita semua terutama para gamer, dimana secara spesifikasi bukan hanya mengalahkan para pesaing lainya, namun harganya juga sangat murah. Ada banyak alasan mengapa ASUS Zenfone Max Pro M1 ini mampu mencuri perhatian saya dan tertarik untuk membelinya, diantaranya sebagai berikut:

Layar "Full View" - Jika layar hanya bisa mendukung resolusi HD, maka tak ada gunanya memutar video beresolusi 2K/ dengan kualitas tinggi di layar tersebut sebab perangkat hanya memutar ulang konteks pada grafis HD. Jadi inilah sebab mengapa Zenfone Max Pro M1 dilengkapi dengan layar layar ultra-slim berukuran 1660x1080, Full HD+ ultra-tipis dengan aspek ration 18:9. Kecerahan layar naik hingga 450 nit, dan memiliki rasio kontras 1500: 1. Hal ini akan membuat view kita lebih nyaman dan betah bermain game.

Sebetulnya ada sih beberapa vendor smartphone bermain di layar full view, akan tetapi cukup jarang yang memiliki kualitas full HD+ crystal clear 2k resolution seperti Zenfone Max Pro M1. Kalaupun ada harganya sudah jauh lebih mahal dibandingkan dengan Zenfone Max Pro M1. Dan kebanyakan vendor hanya sampai berani di kualitas layar HD+, namun harganya juga setara atau lebih mahal daripada Zenfone Max Pro M1.

Baterai "Massive stamina" - Salah satu faktor pemicu yang tepat untuk melakukan pembelian Zenfone Max Pro M1 yaitu soal daya tahan baterai (berkekuatan 5000 mAh). Ya dengan baterai berkapasitas besar ini, kita tidak perlu khawatir jika lupa membawa power bank. Cukup isi penuh di pagi hari smartphone sudah bisa kita pakai seharian, selain itu adanya baterai berkekuatan besar bisa menghilangkan kekhawatiran saat bermain game, di mana biasanya kita khawatir kalau sering bermain game baterai harus sering dicas.

Berdasarkan beberapa pengujian, gamer dapat memainkan mobile game (apapun itu) hingga 12 jam dengan Zenfone Max Pro M1. Sesuai mottonya "Limitless Gaming", kini pengguna smartphone bisa bermain game sepuasnya. Intinya, dengan baterai 5000 mAh bisa melayani kita yang suka bermain game lebih lama tanpa khawatir kehabisan baterai. Dan yang lebih bagus lagi, apabila baterai Zenfone Max Pro M1 habis, bisa dicas dengan sangat cepat dengan fast charging.

Sistem Operasi "Pure Android" - Mungkin bukan hanya saya yang kaget ketika Zenfone Max Pro M1 resmi dirilis tanpa ZenUI yang selama ini menjadi andalan ASUS di setiap smartphone yang mereka keluarkan. Untuk Zenfone Max Pro M1, ASUS menggunakan Android Oreo 8.1/android murni tanpa kustomisasi. Tentu ini sebuah kemajuan yang sangat saya sukai karena dari dulu saya jarang sekali menggunakan ZenUI dan memilih menggunakan launcher sederhana seperti Pixel Launcher.

Perlu dikethaui bahwasanya OS Pure Android 8.1 ini cepat, sederhana dan cerdas. Perubahan ini juga dibuat berdasarkan pengalaman pengguna, karena seri Zenfone Max Pro M1 memang ditujukan untuk para gamer, banyak diantaranya lebih menyukai OS Pure Android dengan beberapa penyesuaian fitur. Nah, mungkin dari feedback itulah ASUS akhirnya memutuskan untuk menggunakan Pure Android untuk merespon keinginan pengguna.

Antutu Score Zenfone Max Pro M1 (sumber gambar: beebom.com).
Prosesor "Snapdragon 636" - Yang tak kalah luar biasa yaitu ZenFone Max Pro M1 dibekali prosesor Snapdragon 636 Octa-core 1,8 GHz. Keberadaan prosesor ini bertujuan meningkatkan performa ZenFone Max Pro M1 menjadi lebih baik, mengeluarkan kemampuan maksimal dan tidak akan mengganggu aktivitas kita untuk mengoperasikan aplikasi-aplikasi berat, termasuk saat bermain game. ("mantab kan? ini kan yang kita cari-cari..")

Sedikit penjelasan, Snapdragon 636 sendiri merupakan chipset terbaru hasil racikan Qualcomm yang diciptakan untuk melanjutkan popularitas Snapdragon 625. Asal kalian tahu, Chipset ini mampu memberikan peningkatan performa 40% pada perangkat dan peningkatan performa 10% untuk gaming dan browsing dibandingkan dengan Snapdragon 630. Bahkan jika dibandingkan dengan Snapdragon 625, peningkatan performa yang ditawarkan oleh Snapdragon 636 sangat signifikan. Performanya bisa mencapai 50% lebih tinggi dalam beberapa skenario dan skor AnTuTu mencapai 1,54x lebih tinggi.  Beuh, itimewa dah pokoknya..

Kualitas Audio Mumpuni - Pengen maen game, nonton filem atau memutar musik dengan kualitas audio yang terbaik? tenang karena ZenFone Max Pro M1 punya konstruksi 5 magnet dengan suara yang dilindungi metal pada speakernya, dan juga ditambah dengan NXP smart amplifier yang memberikan suara yang lebih kencang dan jernih di semua kondisi. Tak hanya itu, adanya MaxBox6 dengan desain terbaik mengubah suara ZenFone Max Pro M1 menjadi suara yang kuat, tanpa menggunakan baterai atau kabel. Hanya dengan menempelkan ZenFone Max Pro pada MaxBox6, kita bisa menikmati kualitas audio terbaik.

Sistem Keamanan Canggih - Soal sistem keamanan, ZenFone Max Pro M1 memiliki fitur canggih yang akan menjaga keamanan data kita dari tangan-tangan jahil. Sistem tersebut adalah face recognition, face unlock yang dapat mengenali wajah kita saja dan otomatis dengan cepat membuka smartphone. Selain itu, juga terdapat sensor sidik jari pada bagian belakang yang diposisikan sesuai dengan cara kita memegang smartphone. Jadi tak butuh waktu lama untuk membuka ZenFone Max Pro M1, karena hanya dalam waktu 0.3 detik saja bisa terbuka bahkan jika jari dalam kondisi basah sekalipun. Oh iya sobat, masih banyak lagi lho fitur-fitur menarik lainya dari ZenFone Max Pro M1, untuk lebih lengkapnya silakan lihat tabel dibawah ini.
Spesifikasi ASUS Zenfone Max Pro M1 (ZB602KL)
Display Full HD+ 2.160 x 1.080 pixel, 18:9 Full View Display
2.5D curve glass with 450nits
CPU Powerful 14nm Qualcomm Snapdragon 636 Octa Core Processor with  1.54x Antutu CPU score than SD625
GPU Qualcomm® Adreno™ 509 GPU
RAM/ROM LPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM
LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM
LPDDR4 6GB RAM, 64GB ROM
Supports up to 256GB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)
Main Rear Camera 16MP (6G/64GB), 13MP (3G/32GB, 4GB / 64GB), PDAF, LED flash
Second Rear Camera 5 Megapixel for bokeh mode
Front Camera 16MP (6G/64GB) , 8MP (3G/32GB , 4GB / 64GB), softlight LED flash
Camera feature PixelMaster 4.0 camera mode:
Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation
Wireless WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face Recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope
SIM card dan SD slot Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
Network FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM
Data rate:
DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support
GPS GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS Pure Android 8.1 Oreo
Battery 5.000mAh capacity
Audio / Microphone Loud speaker, PMIC internal amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver
Size / Weight Size 159 x 76 x 8.46 mm / 180 grams
Color Deepsea Black and Meteor Silver
Note :
*Spesifikasi yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Silahkan hubungi toko/dealer terdekat untuk informasi lebih lanjut. Produk tidak tersedia di semua negara.
*Warna PCB dan versi paket software dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.
*Merk dan nama produk yang tersebut merupakan hak cipta dari masing-masing perusahaan terkait.
Mungkin sebagaian dari sobat masih banyak yang bertanya, "Apakah spesifikasi itu semua akan membuat pengguna benar-benar mengalami “Limitless Gaming” yang sebenarnya?" hmm.. masih kurang percaya ya? baik untuk membuktikannya mari kita simak bersama-sama video review tentang Tes 8 Game di ASUS Zenfone Max Pro M1 berikut ini.

sumber video : youtube.com

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pilihan Tepat Untuk Para Gamer!
Nah, Itulah beberapa hal mengenai Smartphone Zenfone Max Pro M1. Bisa dikatakan kemampuan smartphone terbaru dari ASUS ini memang sungguh luar biasa. Fakta ini bukanlah teori belaka, namun sudah terbukti dari beberapa pengujian. Ternyata peningkatan kemampuan prosesor Zenfone Max Pro M1 memang handal dan mumpuni. Menakjubkan bukan? Tampaknya ASUS benar-benar membuktikan janjinya. Harga yang ditawarkan untuk ASUS Zenfone Max Pro M1 pun terbilang cukup terjangkau dan yang pasti akan manjakan para gamer supaya benar-benar mengalami “Limitless Gaming” yang sebenarnya.

Info: Regular Price 
ASUS Zenfone Max Pro M1
*Rp 2.199.000 (3GB/32GB)
*Rp 2.599.000 (4GB/64GB)
*Rp 3.399.000 (6GB/64GB)

Penulis : Moch. Achsanul In'am
referensi : www.asus.com/id/
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Suga Tangguh
admin
25 November 2018 17.37 ×

Aman dari panas nih buat game durasi lama.. OS nya juga terbaru

Congrats bro Suga Tangguh you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment