Bogor Raincake, dari Hujan Harapan dan Keberkahan

Hujan, Harapan dan Keberkahan

Sobat, sejatinya aku sangat suka dengan kehadiran hujan. Sejak kecil dulu, aku senang dan hobby bermain dibawah guyuran air hujan. Sesekali aku mengabaikan teriakan ibu yang mengomeliku panjang lebar dari kejauhan dengan ancaman sapu lidi di tangan, berbasah-basahan saat hujan turun itu sangat menyenangkan dan beruntungnya aku tidak pernah sakit setelah puas bermain hujan.

Setelah aku beranjak dewasa, hujan pun masih tetap menjadi bagian favorit dalam perjalanan hidupku. Namun, waktu bermain dibawah guyuran hujan sudah jauh berkurang tidak seperti dulu, berganti dengan kegemaranku memandangi hujan dari balik jendela. Berlama-lama mendengarkan rintik hujan lalu memandangi tetes air jatuh genting dan ujung daun. Sederhana, dari sini bisa merasakan suasana yang damai, sejuk, nyaman dan penuh harapan.

Sampai sekarang aku dewasa pun masih tetap suka hujan. Bahkan beberapa kali aku menolak menggunakan payung jika hujan hanya sebatas gerimis rintik. Akupun enggan mengenakan jas hujan bila tak benar-benar deras turunnya hujan.

Tapi, ada sesuatu tentang hujan yang ingin aku share ke teman-teman semua, bahwa hujan itu berkah! Beberapa ayat dalam Al Quran menjelaskan bahwa hujan adalah bentuk keberkahan bagi semesta. Salah satunya dalam QS Al Anbiya ayat 30 dan QS Al Qaaf ayat 9. Boleh tidak suka dengan hujan ataupun petir, tapi jangan pernah memaki hujan, karena sejatinya hujan itu adalah bentuk Rahmat dan Berkah-Nya untuk kita semua. Bahkan hujan merupakan saat yang mustajab untuk kita berdo'a, dimana saat itu do'a akan diijabah oleh Allah SWT. Lewat hujan pula kita bisa belajar bersyukur.

Hujan, Harapan dan Keberkahan.

Berbicara mengenai hujan, otomatis dibenak kita juga akan teringat dengan Kota Bogor. Selain dijuluki kota hujan, Bogor juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner bagi warga Jakarta dan sekitarnya lho. Beragam pilihan kuliner akan mudah kita jumpai di Kota Bogor, mulai dari yang tradisional hingga yang kekinian.

Begitu juga dengan oleh-olehnya. Ada beragam jenis oleh-oleh yang bisa kita bawa pulang sebagai buah tangan sepulang dari kota hujan ini. Mulai dari roti unyil, talas Bogor, asinan Bogor, bolu talas, dan masih banyak lagi.

Oh iya.. sudah pada tahu belum kalau sekarang di Kota Bogor juga ada oleh-oleh kekinian? Namanya Bogor Raincake.

Ya, Bogor Raincake merupakan oleh-oleh kekinian khas Bogor yang di produksi oleh artis ternama Shireen Sungkar. Berawal dari keinginan Shireen untuk membuat suatu bisnis, melalui akun instagram dengan nama "@idebisnisshireen", Shireen berbagi aneka ragam resep masakan yang kebetulan juga menjadi hobinya kepada para followersnya.

Dalam postinganya, Shireen pun sempat bertanya kepada para followers-nya yang terbilang banyak, kira-kira ide bisnis apa yang cocok baginya. Ternyata banyak followers yang merespon dan menjawab bisnis kuliner, dalam hal ini bisnis oleh-oleh. Selain itu, banyak juga permintaan untuk membuka bisnis tersebut di Kota Bogor.

Melihat respon dari para followers, Shireen pun berpikir mengapa tidak jika dirinya membangun bisnis oleh-oleh dalam hal ini adalah kue karena Shireen juga suka membuat kue & kue buatannya pun juga sering dipuji oleh keluarganya.

Disisi lain kota Bogor juga dirasa sesuai untuk membangun bisnis tersebut, karena jarak antara Kota Bogor dengan Jakarta tidak terlalu jauh, sehingga Shireen masih bisa dengan mudah mengontrol bisnisnya tanpa harus jauh meninggalkan keluarga. Apalagi ayah & keluarga besarnya juga tinggal di Bogor. Dengan berbagai alasan yang ada, akhirnya Shireen memutuskan untuk berbisnis oleh-oleh di Kota Bogor.

Lantas, dari mana asal-usul nama Bogor Raincake? Alasan dipilihnya nama Bogor Rain Cake, karena Kota Bogor identik dengan kota hujan, selain itu produk yang dijual berupa cheesecake. Sehingga terciptalah nama tersebut, gabungan dari kata "rain" dengan kata "cake" dari cheesecake.

Bogor Raincake saat ini memiliki banyak varian rasa, diantaranya : Black Cheese, Blueberry Cheese, Crispy Chocolate, Cheese Vanilla, Red Taro dan Green Tea Ovamaltine. Ada juga produk premium terbaru dari Bogor Raincake yakni Raintart Extra Cheese Premium, Raintart Caramel Premium dan Raintart Mango Premium. (Sumber referensi & foto : https://www.bogorraincake.com/produk/)
Black Cheese
Perpaduan cheese cake dengan black cookies yang lembut dan lapisan huzelnut.
Blueberry Cheese
Perpaduan cheese cake dengan lapisan selai blueberry yang segar dimulut.
Crispy Chocolate
Cheese cake lembut yang di balut coklat, rice crispy, lapisan selai kacang dan crackers yang renyah.
Cheese Vanilla
Cheese cake yang lembut dengan fla vanilla dan topping cheese yang melimpah
Red Taro
Cake red velvet dengan selai taro khas bogor, cracker dan topping crumble yang crunchy

Green Tea Ovamaltine
Cheese cake dengan greentea, selai coklat ovomaltine dan cracker renyah dengan toping choco greentea

Raintart Extra Cheese Premium
Raintart Extra Cheese Premium Ala Shireem Sungkar, Pie Cheese yang melimpah dan melted dengan strawberry jam yang segar.

Raintart Caramel Premium
Raintart Caramel Premium Ala Shireen Sungkar, Cake Dark Chocolate dengan Lelehan Caramel yang lumer dan topping Almond jadi paduan pas dijamin bikin nagih!

Raintart Mango Premium
Raintart Mango, Produk Premium Terbaru dari Bogor Raincake Ala Shireen Sungkar dengan royal jelly mango membuat sensasi segar disetiap gigitan.

Secara keseluruhan Tekstur dari Bogor Rain Cake cukup lembut di mulut, manisnya pas, dan cukup mengenyangkan. Cocok sebagai oleh-oleh, apalagi sebagai cemilan untuk teman minum teh atau kopi. Dengan jenis kue dan pilihan rasa yang berbeda dari oleh-oleh Kota Bogor sebelumnya, Bogor Raincake pantas untuk disebut sebagai oleh-oleh kekinian Kota Bogor.

Yang membuat aku salut dari ide bisnis Shireen ini yakni karena Bogor Raincake tidak hanya fokus untuk menjual produknya sendiri saja, melainkan juga sebagai sarana untuk mempromosikan Kota Bogor ke khalayak yang lebih luas lagi.

Sebagai contoh, dalam akun instagram "@raincakebogor" selain berisi promosi produk Bogor Raincake juga sering update dan berbagi informasi tentang serba-serbi Kota Bogor. Mulai dari kuliner tradisional, tempat-tempat bersejarah maupun hal lainnya yang terkenal dari Kota Bogor. Jadi, bukan hanya memajukan bisnis sendiri tapi juga untuk kemajuan bersama. Dan yang lebih penting memberi keberkahan dimana semua pekerjanya asli dari bogor.

Semua tentang hujan.. Ya, bahkan cerita tentang hujan juga dituangkan dalam Web Series Hujan yang digarap sendiri oleh Shireen Sungkar dan suaminya Teuku Wisnu. Melalui web series ini Shireen dan Wisnu mempunyai harapan supaya masyarakat ikut menganggap hujan adalah berkah, saat dimana do’a-do’a tulus dapat terijabah. Seperti salah satu kutipan dalam serialnya “Hujan adalah saat doa-doa mengkristal dan Menuju Langit”.


Web Series Hujan memiliki alur cerita yang menghibur dengan durasi tiga sampai delapan menit. Disisi lain, dipilihnya web series yang bercerita tentang hujan, menurut Shireen alasannya karena hujan identik dengan Kota Bogor, dan kini menjadi tempat tinggal sekaligus lokasi usaha kuenya. Untuk menonton serialnya kamu bisa langsung lihat di akun Bogor Rain Cake di Youtube, sekarang sudah ada 4 episode Web Series Hujan. Demkian tulisanku yang berjudul Bogor Raincake, dari Hujan Harapan dan Keberkahan. semoga bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment