Instrumen Riset Audit Sumber Daya Manusia

Instrumen Riset Audit Sumber Daya Manusia
Instrumen Riset Audit Sumber Daya Manusia (SDM). Sobat perlu anda ketahui aspek SDM yang dapat diaudit cukup luas, karena SDM itu sendiri mencakup fungsi perencanaan, fungsi pengembangan, fungsi pemeliharaan, informasi, penghargaan dan penghukuman, serta fungsi peningkatan kinerja.

Berbicara pelaksanaanya audit SDM hendaklah selalu memanfaatkan berbagai sumber data yang ada. Untuk hal ini diperlukan Instrumen-instrumen dalam audit sumber daya manusia (SDM) diantaranya sebagai berikut:

1. Wawancara
Wawancara dengan karyawan dan manajer adalah suatu sumber informasi mengenai aktifitas SDM. Komentar mereka membantu tim audit mencari bidang-bidang yang membutuhkan perbaikan. Kritik dari karyawan dapat menunjukkan tindakan-tindakan yang harus diambil oleh departemen untuk memenuhi kebutuhan mereka. Demikian juga,sumber saran manajer dapat mengungkapkan cara-cara untuk memberikan mereka service yang lebih baik.

2. Analisis Dokumen
Analisis dokumen SDM yang dapat dilakukan antara lain dengan meneliti berbagai dokumen terkait pengelolaan SDM perusahaan, seperti uraian dan spesifikasi jabatan, perhitungan kebutuhan tenaga kerja, SOP rekrutmen dan seleksi,evaluasi terhadap hasil pelatihan,formulir penilaian kerja,dan sebagainya.

3. Analisis Histori
Analisis terhadap data histori dapat dilakukan dalam audit SDM, misalnya dengan membandingkan selection ratio untuk jabatan tertentu, tingkat kehadiran karyawan,atau jumlah jam pelatihan per orang per tahun selama beberapa tahun terakhir.

4. Survey
Auditor juga dapat melakukan survey, misalnya untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan atau survey terhadap manajer lini terhadap efektivitas departemen SDM dalam menjalankan fungsinya terkait pengelolaan SDM.

5. Eksperimen
Audit SDM dapat juga dilakukan melalui eksperimen, misalnya dengan menerima calon karyawan yang hasil psiko tes nya kurang disarankan untuk menilai reliabilitas dan validitas atat tes yang digunakan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment