Cost Based Pricing Sebagai Landasan Utama Dalam Menetapkan Harga

Cost Based Pricing Sebagai Landasan Dalam Menetapkan Harga
Cost Based Pricing Sebagai Landasan Utama Dalam Menetapkan Harga - Cost Based Pricing adalah sebuah metode penentuan harga dimana harga suatu produk didasarkan atas besarnya kos produk ditambah dengan mark-up keuntungan yang diinginkan.

Cost-Based Pricing bisa mengarah kepada pricing kurang atau lebih pada pasar dimana diferensiasi mungkin ada. Akan tetapi, pada pasar dimana diferensiasi minim dan pelanggan dalam situasi price sensitive, cost-based pricing dapat menjadi pendekatan yang cocok untuk pricing.

Cost-Based Pricing merupakan penetapan harga yang dimulai dari identifikasi biaya untuk memproduksi (bahan baku, upah dan peralatan) produk. Pendekatan ini paling banyak digunakan karena memang data pelanggan dan pesaing sulit diperoleh sehingga cost-based pricing lebih mudah untuk diterapkan.

Salah satu studi menemukan bahwa 60% perusahaan yang di survey menggunakan cost based pricing sebagai landasan utama menetapkan harga. Apa alasannya bahwa pendekatan ini paling banyak digunakan dalam bisnis?

Karena cost based pricing digunakan oleh sebagian besar perusahaan karena market based pricing membutuhkan data pelanggan dan competitor yang mendalam, jadi tanpa data itu penetapan market based pricing tidak dapat digunakan. Tanpa data yang akurat tentang competitor perusahaan akan sulit menempatkan posisi produk mereka. Demikian pembahasan mengenai cost based pricing sebagai landasan dalam menetapkan harga, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
andhiiphul
admin
12 Desember 2018 21.42 ×

gan minta referensi dri artikel diatas..! "buku"

Congrats bro andhiiphul you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment