Mengatur Gaya Hidup Sehat, Supaya Jantung Sehat


Bersyukurlah kita yang saat ini masih diberi kesempatan untuk menikmati indahnya hidup dan beraktivitas tanpa hambatan. Ini menadakan bahwa didalam tubuh kita masih tersemat organ jantung yang berdetak setiap detiknya. Jika tidak ada jantung maka otomatis tidak akan terjadi kehidupan karena jantung merupakan salah satu struktur penting organ dalam tubuh manusia. Bahkan, jika seseorang sudah memiliki jantung yang tidak sehat, maka seseorang tersebut juga tidak akan dapat hidup dengan nyaman.

Ya, seperti yang kita ketahui bahwa jantung merupakan organ tubuh yang berharga bagi manusia, meskipun besarnya hanya sebesar kepalan tangan. Akan tetapi jantung mempunyai fungsi yang sangat penting bagi manusia yakni sebagai alat pemompa aliran darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Sungguh betapa berharganya kesehatan jantung bagi tubuh kita, sehingga kita tidak dapat bersikap tidak peduli terhadap sehatnya jantung tersebut dengan mengatur gaya hidup sehat supaya jantung sehat.

Mengenal Gangguan Penyakit Jantung

Perawatan dan pengobatan sejak dini terhadap penyakit jantung akan menentukan kesembuhan penyakit yang diderita, oleh karenanya mengenali gejala penyakit sejak awal sangatlah penting. Apabila seseorang sering merasakan gejala seperti nyeri pada dada bagian tengah dan menjalar sampai ke lengan kiri atau bahkan punggung dan leher, berkeringat dingin, sering pusing dan terasa mual maka bisa jadi orang tersebut menderita penyakit jantung koroner. Lantas apa faktor pemicu seseorang terkena penyakit jantung koroner? berikut ini merupakan penyebabnya:

  • Gaya hidup yang tidak sehat, Dalam artian kita mungkin sering melakukan kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan seperti merokok, meminum minuman beralkohol, kurang istirahat, suka begadang dan malas berolahraga. karena semua faktor tersebut menjadi pemicu gangguang penyakit koroner, maka hindarilah.
  • Kadar lemak dan kolesterol yang tinggi, Perlu sobat ketahui bahwa hal ini bisa menyebabkan risiko penyakit jantung koroner lebih tinggi lho, penyebabnya karena kelainan pembuluh darah yang bertugas memasok darah dan oksigen ke jantung dalam darah sebagai akibat mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. mungkin bagi sobat yang hobi kuliner dengan makan makanan yang berlemak tinggi, alangkah baiknya untuk saat ini dikurangi saja.
  • Tekanan darah tinggi, Sering emosi bisa mengakibatkan tekanan darah yang terlalu tinggi sehingga dapat memicu serangan jantung yang berbahaya. Walaupun marah itu lumrah terjadi pada manusia, tetapi ada baiknya kita bisa lebih mengontrol emosi agar terbebas dari penyakit berbahaya ini.
  • Faktor keturunan, Ya, diakui atau tidak kalau faktor keturunan menjadi salah satu penyebab penyakit jantung, dan resiko bawaan seperti ini memang susah untuk dihindari, oleh karena itu bagi Anda yang misalnya ada ayah, ibu atau keluarga yang mengidap penyakit jantung, tingkatkan kewaspadaan dan segera lakukan tindakan pencegahan.
  • Faktor usia. Penyakit jantung memang bisa menyerang siapa saja baik yang muda maupun tua, Namun pada kenyataanya yang banyak terkena penyakit jantung terjadi pada usia tua 65 tahun keatas. Selama kita hidup, maka selama itu juga jantung kita berfungsi. Jantung terus bekerja memompa darah dan apabila digunakan dan terus-menerus, maka akan semakin menurun fungsinya. Pada intinya kita harus waspada terhadap penyakit ini.

Mencegah Penyakit Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat

Mencegah lebih baik daripada mengobati memanglah benar adanya. Sebelum penyakit jantung akan menyerang, alangkah baiknya Anda mencegahnya sedini mungkin. Oleh karena itu diharapkan semua orang mengetahui mengenai cara mencegah penyakit jantung, sehingga tidak sampai terkena penyakit jantung. Mencegah terjadinya penyakit jantung tentu lebih mudah daripada mengobati penyakit jantung, selain lebih mudah tentu saja pencegahan penyakit jantung lebih murah dalam segi biaya dibandingkan dengan pengobatan penyakit jantung yang memakan banyak biaya, karena proses pengobatan penyakit jantung sangatlah mahal.

Pola Makan Sehat dan Gizi Seimbang, Pola makan merupakan hal utama yang harus kita perhatikan karena apa yang masuk ke dalam tubuh kita maka itu yang akan dicerna dan menyebar ke sel-sel tubuh. Sebisa mungkin kita harus mengatur pola makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Menu yang baik adalah diet tinggi serat dan rendah lemak, dan ditambah dengan banyak buah dan sayuran segar serta biji-bijian. Yang perlu dibatasi yakni penggunaan garam dalam masakan.

Hindari merokok atau Berhenti merokok, Dengan menghindari rokok dan berhenti dari penggunaan rokok, maka akan ada banyak penyakit yang bisa dicegah seperti penyakit jantung koroner karena rokok sendiri mengandung nikotin yang bisa memperburuk kondisi tubuh. Jika Anda bisa berhenti merokok resiko serangan jantung menurun hingga setengahnya dibandingkan dengan perokok.

Berolahraga secara teratur, Menggabungkan diet sehat dengan olahraga teratur merupakan cara terbaik untuk menjaga berat badan yang ideal, selain itu bisa mencegah jantung koroner. Olahraga secara teratur akan membuat jantung dan sistem peredaran darah bekerja lebih efisien dalam menjaga tekanan darah pada tingkat yang sehat. Yang terpenting sesuaikan dengan aktifitas yang memungkinkan dapat dilakukan, seperti bersepeda untuk pergi ke kantor atau tempat kerja atau olahraga lainya.

Menjaga tekanan darah
, Anda dapat menjaga tekanan darah dengan menghindari makanan berlemak, berolahraga secara teratur, periksa ke dokter atau mengkonsumsi obat yang tepat untuk bisa menurunkan tekanan darah. Pastikan tekanan darah harus di bawah 140/85mmHg. Jika tekanan darah tinggi, sebaiknya minta dokter untuk memeriksa tekanan darah secara teratur.

Menghindari Stres, Stres memang sangat sulit dihindari dalam hidup apalagi bagi Anda yang mempunyai aktifitas dan kesibukan yang amat padat. Biasanya ketika seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Oleh karenanya sebaiknya Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah, mungkin dengan cara meluangkan waktu untuk refreshing.

Jantung merupakan organ yang sangat vital sehingga salah sedikit saja nyawa bisa menjadi taruhannya. Nah, jika Anda ingin jantung Anda sehat maka beralihlah ke gaya hidup sehat. Ini selaras dengan Panca Usaha Jantung Sehat yang dicanangkan oleh Yayasan Jantung Indonesia yaitu Seimbangkan Gizi ,Enyahkan Rokok, Hadapi dan Atasi Stress, Awasi Tekanan Darah, Teratur Berolah Raga, jadi mulailah dari sekarang dan Stay Healthy!

Moch Achsanul In'am
referensi : www.inaheart.or.id,, id.wikipedia.org

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog "Gaya Hidup Sehat, Untuk Jantung Sehat" yang diselenggarakan Yayasan Jantung Indonesia dan Indonesiana.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment