Upaya Memajukan Perikanan Budidaya Indonesia

Sobat seperti yang kita ketahui sebagai negara kepulauan yang dikelilingi laut, Indonesia mempunyai sumber daya alam laut yang sangat besar baik itu sumber daya hayati maupun non hayati. Selain perairan laut, Indonesia juga menyimpan perairan tawar yang begitu luas di daratan dan juga menyimpan potensi sumberdaya alam yang tidak sedikit yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan penduduk Indonesia.

Pada umumnya kegiatan perikanan di Indonesia dibedakan menjadi dua yakni perikanan penangkapan & perikanan budidaya. Perikanan penangkapan dilakukan di perairan laut sedangkan perikanan budidaya dilakukan di perairan darat. Salah satu jenis perikanan budidaya adalah pemeliharaan ikan di keramba, danau atau waduk.

Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, perikanan budidaya tahun 2014 produksi rumput laut, ikan dan udang mencapai 14,52 juta ton, sementara untuk target produksi tahun 2015 sebesar 17,9 juta ton. ini menunjukkan betapa sangat besar potensi perikanan budidaya di Indonesia.
Seperti sumber daya alam yang lain, sumber daya kelautan juga bisa habis. Berbagai penelitian menunjukkan mayoritas laut Indonesia telah mengalami penangkapan yang berlebihan. Nah sebagai alternatif perikanan budidaya dikembangkan untuk mengurangi tekanan terhadap sumber daya kelautan tanpa menurunkan hasil produksi perikanan. Hanya saja perikanan budidaya yang dilakukan secara tidak bertanggung jawab bisa menimbulkan masalah seperti pencemaran lingkungan dan alih fungsi lahan. Oleh karena itu pelaku budidaya harus melakukan pembenahan memperhatikan beberapa hal penting, diantaranya seperti:

penataan lokasi;
Penataan lokasi seperti tempat, kedalaman/debit air kolam, kondisi air dan kebersihan menjadi salah satu hal penting, yang mana apabila terjadi kesalahan penataan kolam atau waduk bisa mengakibatkan kematian masal pada ikan, misalnya kita memilih lokasi yang sudah tercemar limbah warga atau pabrik.

ketersediaan benih unggul;
Ketersediaan benih yang berkualitas unggul sangatlah penting. karena masih banyak pembudidaya yang mengeluh akibat menurunya kualitas benih. Untuk mengatasi menurunnya kualitas benih maka kita bisa menggunakan induk unggul yang digunakan untuk menghasilkan benih berkualitas baik dengan melalui seleksi individu.

ketersediaan pakan perikanan;
Tersedianya pakan alami berperan penting dalam proyek perikanan, pakan hidup harus diberikan pada larva untuk pertama kali mulai makan. disamping sebagai sumber protein, lemak, dan karbohidrat, pakan hidup terutama mikrolaga merupakan sumber utama asam lemak esensial yang sangat potensial.

pengendalian hama dan penyakit;
Dalam budidaya perikanan semua petani pasti pernah mengalami hambatan karena adanya serangan hama dan penyakit yang juga akan mempengaruhi pada kuantitas hasil pertanian ikan. Maka sangat penting dilakukan proses pengendalian hama dan penyakit dalam budidaya ikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan target dan sasaran yang dituju.

teknologi perikanan budidaya;
Teknologi dalam menjalankan perikanan budidaya sangatlah penting ditingkatkan dalam perikanan budidaya. Hal ini semata-mata untuk meningkatkan kontribusi sektor perikanan bagi perekonomian nasional.
pemasaran;
Hal lain yang perlu didorong yaitu berkenaan dengan pemasaran ikan/udang. Dengan memperluas wilayah pemasaran baik lokal maupun luar negeri maka budidaya perikanan akan terus berkembang, seiring dengan meningkatnya kesejehteraan masyarakat.

Sebagai upaya menghasilkan produk perikanan budidaya yang berkualitas, pelaku budidaya harus bisa mandiri tidak tergantung dari pihak lain. Sehingga mampu bersaing didalam negeri maupun pasar ekspor dengan tetap memperhatikan lingkungan atau ramah lingkungan.


Perbaikan sektor perikanan Indonesia sangat diperlukan perikanan budidaya. Berbagai upaya telah dilakukan berbagai pihak terkait bidang perikanan untuk membuat sebuah terobosan atau solusi agar kegiatan perikanan budidaya Indonesia semakin maju, Salah satunya program akuakultur seperti yang dilakukan CP Prima.
Akuakultur merupakan kegiatan untuk memproduksi biota (organisme) akuatik di lingkungan terkontrol dalam rangka mendapatkan keuntungan (profit).
CP Prima adalah sebuah perusahaan yang mempunyai pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang budidaya perikanan. Didirikan pada bulan April 1980 oleh Charoen Pokphand Group. PT. Central Proteina Prima, Tbk. juga disebut sebagai perusahaan akuakultur terkemuka di Indonesia. Produk CP Prima meliputi udang olahan, bibit udang, pakan udang, pakan ikan dan probiotik penunjang budidaya.

Budidaya ikan/udang tidak hanya dengan membuat kolam dan diisi oleh ikan kemudian diberi pakan lalu siap panen, tetapi dalam budidaya juga harus memperhatikan beberapa hal teknis serta kesehatan hewan tersebut agar mendapat hasil maksimal ketika panen berlangsung.

sumber video : youtube
 
CP Prima menerapkan standar pengelolaan keamanan, kesehatan dan lingkungan. CP Prima telah memasarkan produknya ke tiga pasar utama dunia yaitu Amerika, Jepang dan Eropa, maka jaminan terhadap mutu, keamanan produk, kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan masyarakat sekitarnya merupakan syarat penting yang harus dipenuhi agar produknya dapat tetap memasuki pasar internasional.

Disini peran pemerintah sangat diharapkan, CP Prima sendiri akan semaksimal mungkin mengajak dan merangkul pemerintah dalam mendukung program pendampingan yang berkelanjutan untuk para petambak dalam hal pakan dan pengolahan serta diarahkan hingga menjadi petani yang handal.

Demikian yang bisa  saya tulis dan bagikan mengenai upaya yang bisa kita dan pemerintah lakukan untuk memajukan perikanan budidaya indonesia, harapannya semoga kedepan bisa terintegrasi serta terwujud budidaya perikanan yang mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan.

Moch Achsanul In'am
Referensi : www.cpp.co.id
Jumlah Kata : 750
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog  #CPPCompetition
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Dian A K
admin
14 Juni 2015 23.16 ×

Mantapp sekali bang artikelnya :D
Untuk membuat perikanan indonesia lebih makmur, juga harus dibantu oleh seluruh elemen masyarakat indonesia *Koyok pak Soekarno wae. hihihi*
Nah dan juga kita harus sadar untuk tidak menggunakan pukat harimau untuk menagkap ikan. :) :D
Siipp.. Mantapp...

Reply
avatar
31 Juli 2016 19.26 ×

IKAN
KHUSUS ANDA PARA PETERNAK IKAN ATAU GARAM ATAU YANG LAINNYA
Untuk mendapatkan hasil panen ikan yang berlimpah tentunya anda membutuhkan peralatan khusus agar ikan ikan anda nantinya bias berkembang dengan sehat dan semua peralatan tentang yang berhubungan dengan itu semua bisa anda dapatkan hanya ditokokami dengan harga murah dan sangat terjangku dari pada tokolainnya serta mendapat jaminan garansi yang jelas dan hargapun bias anda nego.. hanya dengan mengunjungi toko kami di
http://www.phmetermurah.com/
https://www.tokopedia.com/phtester

MOTTO KAMI “PELAYANAN DAN KUALITAS LEBIH UTAMA DARIPADA SEGALANYA”
pada WEB diatas anda akan mendapatkan segala bentuk alat alat pertanian ataupun alat peternakan , perikanan dan alat ukur lainnya dengan harga lebih murah dari pada toko lainnya :

HARGA BISA DI NEGO TERGANTUNG LOBI YANG ANDA LAKUKAN TENTUNYA

Reply
avatar
Thanks for your comment