Muay Thai dan Tips Perawatan Rambut #ZincMuayThai

Berbicara seni beladiri di Indonesia saat ini kian berkembang pesat sobat, mulai yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri. Mulai yang sulit hingga mudah, dan ada yang serius hingga menyenangkan. Dan salah satu dari seni beladiri itu adalah Muay Thai dimana seni bela diri ini mencakup segala sisi. Karena tekniknya mudah, bisa digunakan untuk jaga diri saat menghadapi pelaku tindak kejahatan.

Muaythai merupakan olahraga bela diri nasional Thailand yang dapat meningkatkan kekuatan fisik, stabilitas & koordinasi. Metode beladirinya pun tidak memerlukan senjata karena tubuh kita (tulang dan daging) adalah senjatanya. Muay Thai pada masa sekarang juga populer dengan nama lain Thai Boxing. Menurut cerita awalnya olahraga ini digunakan oleh bangsa Siam ketika mereka melakukan perang dan kehilangan senjata, mau tidak mau mereka harus bertarung dengan tangan kosong. Bahkan sudah ada klaim yang menunjukan kalau MuayThai ini ada sejak dua ribu tahun lalu.

Tahukah kamu?

Muay Thai pertama kalinya diperkenalkan di Indonesia oleh seorang pelatih bernama Dody Karya, Perlu kalian ketahui juga bahwa hampir semua pelatih atau atlet profesional Muay Thai yang ada di Indonesia merupakan muridnya, Ya dia adalah guru pertama yang membawa dan memperkenalkan Muay Thai ke Indonesia.
Peminat olahraga Muay Thai Tidak hanya pria lho, ternyata banyak juga wanita yang tertarik dengan olahraga Muay Thai sob. Bahkan tak hanya orang biasa saja yang mencintai tantangan olahraga ekstrim ini, tapi banyak juga dari kalangan selebriti. Padahal seperti yang kita tahu, modal utama selebriti adalah harus menjaga penampilan tetap sempurna.

Kini latihan Muay Thai pun dikemas dengan cara yang lebih menyenangkan. Dalam artian, latihan fisik tak lagi terlalu keras. Namun gerakan cardionya diperbanyak. Bela diri asal Thailand ini memang tergolong mudah untuk dilakukan, sekaligus bisa memberi dasar sebagai alat pertahanan diri, untuk kamu yang suka tantangan olahraga ini patut untuk kamu coba.
Boleh dibilang olahraga ini sedang naik daun, karena semenjak digemari banyak sekali muncul event-event atau kejuaraan MuayThai di berbagai penjuru dunia, salah satunya seperti event ZINC 360° Muay Thai Kick Competition ajang kompetisi tendangan 360° Muay Thai pertama di Indonesia yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, 10 Mei 2015 di Plaza Selatan Senayan Jakarta. info lebih lanjut silakan kunjungi zincmuaythai360.com.
Buat sobat yang ingin dan akan melakukan olahraga Muay Thai, harus ada beberapa peralatan yang perlu kamu siapkan, demi menunjang proses latihan kamu nanti. Apa aja sih alat-alat pentingnya? Penasaran.. Yuk simak ulasan tentang alat-alat penting yang dipakai untuk olahraga Muay Thai berikut ini.

Samsak
Samsak ini dalam Muay Thai digunakan sebagai target latihan pukulan dan tendangan sob. Ukuranya pun beragam mulai dari yang kecil sampai besar.
Tali Skipping
Untuk melatih stamina dan kekuatan otot kaki, tali skipping ini wajib kita miliki. Kalau bisa pilih yang ukuranya panjang yang sesuai dengan tubuh kamu aja ya dan pilih tali yang memiliki berat.

Punch Mitt
Apa itu Punch mitt? Punch mitt itu sarung tangan yang dipakai oleh pelatih Muay Thai untuk menahan pukulan yang di lancarkan murid. Bentuknya memang seperti sarung tangan sih, tapi di berikan bantalan busa untuk dijadikan sebagai target sasaran pukulan dan tendangan murid.

Head Guard
Perlengkapan yang tak kalah penting. Pelindung kepala yang bentuknya seperti helm ini fungsinya untuk melindungi kepala saat bertanding. Kalau untuk pertandingan professional head guard enggak dipakai sob, tetapi saat latihan ini sangat penting dan wajib dipakai supaya bisa meningkatkan keamanan dan mengurangi resiko cidera.

Hand Wrap
Ini kain bukan buat gaya-gayaan sob, Kain panjang atau hand wrap ini juga ada fungsinya, yaitu melindungi tangan dan menghindari pergeseran tulang saat memukul, cara makainya sangat mudah cuman dililitkan di tangan dan pergelangan tangan..
Sarung Tinju
Setelah memakai hand wrap, pastikan kamu juga menggunakan sarung tinju sebelum melakukan latihan Muay Thai. Sarung tinju sendiri ada 2 macam, ykni sarung tinju seperti yang digunakan saat betarung dan yang digunakan untuk memukul samsak.

Oh iya, Sebelum mengenal lebih jauh tentang teknik dasar muay thai. Hal yang tidak boleh dilupakan begitu saja adalah pemanasan sebelum bermain atau berolahraga Muay thai. Latihan biasanya dimulai dengan sesi pemanasan atau Stretching terlebih dahulu untuk menghindari cidera pada otot seperti keram. Kemudian dilanjutkan dengan Skipping selama beberapa menit, tujuanya agar meningkatkan stamina dan melenturkan gerakan sekaligus melatih kecepatan. Lalu yang terakhir yakni Jogging, latihan ini akan membantu meningkatkan kondisi tubuh dan menguatkan tulang kering.

Mengenal Teknik Dasar Seni Bela Diri Muay Thai

Teknik Dasar Muay Thai
Sejarah udah, peralatan main juga udah. apa lagi ya? Nah.. betul sekarang waktunya membahas teknik-teknik dasar olahraga MuayThai. Yups, Muay Thai terkenal dengan Seni 8 Tungkai bagian dan tubuh sebagai pusat serangan yakni 2 tangan, 2 sikut, 2 kaki, dan 2 lutut. Dalam olahraga ini juga hampir semua teknik dalam Muay Thai menggunakan gerakan seluruh tubuh, memutar pinggul dengan setiap tendangan, pukulan, siku dan tangkisan.

Teknik dasar pukulan :
  • Jab, pukulan lurus dengan menggunakan tangan kiri. Target pukulan jab adalah wajah dan tubuh bagian depan. untuk yang kidal, pukulan dilakukan dengan menggunakan tangan kanan.
  • Strike, pukulan lurus dari arah belakang dengan tangan lain yang tidak digunakan saat pukulan jab. Jika pukulan jab menggunakan tangan kiri, maka strike menggunakan tangan kanan dan sebaliknya. Target pukulan strike sama dengan jab.
  • Hook, pukulan menyamping. Targetnya adalah wajah dan tubuh bagian samping.
  • Upper cut, Pukulan dari bawah ke atas. Targetnya lebih banyak, bisa tubuh bagian samping maupun depan. Selain itu, dagu juga menjadi target pukulan ini.

Teknik dasar sikutan :
  • Horizontal Elbow, gerakan dengan sikut dimana gerakan sikut ini bergerak sejajar.
  • Vertical Elbow, gerakan dengan menggunakan sikut yang bergerak dari atas ke bawah.

Teknik dasar tendangan :
  • Kick, tendangan lurus kedepan setinggi pinggang atau ketiak yang bisa bervariasi untuk menyerang lawan bisa menyerang dari bagian pinggang kebawah ataupun kearah pinggang keatas.
  • Push kick , tendangan kaki yang gerakannya seperti mendorong. Gerakan ini bisa dilakukan lurus ke depan ataupun ke arah bawah dan atas.

Teknik dasar dengkulan/lutut :
  • Upper Cut Knee, lutut digerakkan dari bawah ke atas. Serupa dengan gerakan upper cut tetapi gerakan ini dengan menggunakan lutut.

Itulah beberapa gerakan atau teknik-teknik dasar dari Muay Thai, Pengenalan teknik ataupun dasar berlatih di seluruh klub Muay Thai di Indonesia, bisa dibilang sama. Biasanya yang membedakan adalah metode berlatih dari tiap klub yang ada. Supaya lebih jelas lagi sobat bisa melihat video dibawah ini.


Komunitas Muay Thai di Indonesia

Muay Thai beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu olah tubuh yang banyak digemari. Klub atau wadah buat latihan Muay Thai pun banyak bermunculan di indonesia. Beberapa diantaranya seperti Komunitas Muay Thai Indonesia (KAMI), Sabai Muay Thai, King Muay Thai dan masih banyak lainya (Selengkapnya baca disini). Untuk waktu latihanya dijamin tidak akan mengganggu aktivitas kerjamu deh sob, kenapa? soalnya kalian bisa ikut kelas Muay Thai pada pagi hari, sebelum jam kantor, siang sebelum jam istirahat makan siang atau sore usai kerja.

Dijamin asik deh ikutan komunitas ini dan enggak nyesel. Disamping bisa membuat kebugaran tubuh, Muay Thai juga bisa membuat diri kalian lebih merasa aman dan meningkatkan rasa percaya diri kalian sob. Pada dasarnya Muay Thai ini termasuk olahraga sehat dan minim cidera bila dilakukan dengan benar. Perlu kamu ketahui juga bahwa dalam satu sesi latihan selama satu jam saja, olah raga ini bisa membakar 700 - 1200 kalori lho. Wow banyak banget kan manfaatnya?

Tips perawatan rambut bagi kamu yang sangat AKTIF & suka tantangan LEBIH.


Nah, dalam kegiatan berolahraga apalagi seperti MuayThai tadi, tentunya mengakibatkan stamina ekstra yang dikeluarkan berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Dan kulit kepala yang berkeringat pun akan lebih mudah menimbulkan masalah ketombe dan rambut lepek. Tapi kali ini jangan kuatir sobat, saya akan membagikan beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan rambut bagi kamu yang sangat aktif dan suka tantangan lebih. dan tips ini diantaranya juga sering saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran? oke langsung saja kalau begitu simak cara mewarat rambut yang baik berikut ini.
1. Memilih sampo yang tepat : Salah satu poin penting dalam merawat kesehatan rambut adalah memilih sampo. Dulu saya beranggapan bahwa perbedaan sampo hanya pada warna, dan aroma saja. sampo merek J misalnya memiliki ciri khas tertentu, rambut jadi lebih segar pasca mencuci rambut, dan seterusnya. Sementara merek K memiliki sifat aromanya yang khas dan bermacam-macam. Ternyata dugaan saya tidak sepenuhnya benar karena ada hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih sampo. Mungkin kamu terkadang juga bingung atau ragu dalam memilih produk yang bagus untuk gigi? Tenang saya punya solusinya, produk itu bernama Zinc Active Cool (Men)!

Zinc Active Cool Shampoo adalah sampo yang diformulasikan khusus mengatasi ketombe di kulit kepala pria dengan serum, complex ZPT-O, dan inovasi dari Jepang. Dengan aktivitas segudang dan sebagian besar dilakukan diluar ruangan akan membuat rambut kamu cepat kotor, gatal dan berminyak. Disinilah fungsi kamu keramas menggunakan Zinc Active Cool Shampo, dimana Cooling Menthol nya meresap kedalam, membuat kulit kepala bersih, menjadikan rambut bersih 360° hilangkan ketombe dan segar tahan lama.


2. Keramas secara rutin : Sebetulnya ini merupakan cara yang paling dasar dalam menjaga kesehatan rambut, dan bagi kamu yang memiliki masalah rambut lepek dan berminyak, sebaiknya kamu melakukan keramas secara rutin dan teratur. Keramas pada umumnya dilakukan sebanyak sekali dalam 2 hari. Apalagi, jika rambut kamu dirasa sering berkeringat ketika melakukan banyak kegiatan di luar maka harus berkeramas sehari sekali.

3. Menyisir rambut : Menurut info yang saya baca dari matrapendidikancom, bahwa rambut yang disisir secara teratur dan kontinyu dapat menyuburkan rambut. Namun perlu digunakan sisir yang lembut dan cara yang lembut juga. Hal ini dilakukan supaya pembuluh darah yang ada pada dermis akar rambut aktif mengedarkan darah sehingga merangsang pertumbuhan akar rambut di kulit kepala.

4. Makan sayur dan buah : Rambut kita bukan hanya membutuhkan perawatan dari luar saja seperti menggunakan sampo, conditioner, hair tonic, atau vitamin sob. Perawatan dari dalam pun tidak kalah penting dan hal ini dapat kita lakukan dengan rutin mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat membantu menutrisi rambut kita. Misalnya dengan makan sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

5. Konsultasi pada ahlinya : Tidak ada salahnya kita menyempatkan waktu untuk memeriksakan kondisi rambut ke dokter atau klinik perawatan rambut, karena bagimanapun juga mereka para ahli yang mengerti bagaimana cara merawat rambut dengan benar atau mengatasi masalah rambut dengan tepat. selain itu mereka juga memberikan kita treatment maupun saran supaya rambut tetap sehat dan indah.

Kalau memang kamu ingin sekedar konsultasi atau bertanya-tanya tentang permasalahan atau perawatan rambut secara GRATIS! kamu bisa bertanya langsung lewat program Hairology di website www.zinc.co.id/hairology, setiap hari senin sampai jum'at.
Demikian tips perawatan rambut bagi kamu yang sangat AKTIF & suka tantangan LEBIH yang bisa saya tulis dalam artikel saya yang berjudul Muay Thai dan Tips Perawatan Rambut #ZincMuayThai, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan memotivasi kita untuk terus menjaga kesehatan tubuh kita termasuk menjaga kebaikan dan kesehatan rambut. Dan jangan lupa untuk memilih produk perlengkapan perawatan rambut, pastikan kamu memilih Zinc Shampoo. untuk info lebih lengkap silakan kunjungi website www.zinc.co.id atau www.lionwings.com/id/hair-care/zinc, follow juga twitternya @ZincActivateYou dan Like fanpage www.facebook.com/ZincActivateYou. Sekian Terimakasih :)

Sumber referensi :
www.zinc.co.id
www.youtube.com
extremeina.com

Sumber gambar :
www.zinc.co.id
google.co.id (google image)
Previous
Next Post »

10 komentar

Click here for komentar
10 Mei 2015 09.51 ×

Olahraga Muaythai ini sepertinya lagi ngetrend di Indonesia ya mas, tapi di sisi lagi saya juga prihatin, begitu banyak sekarang ini orang Indonesia yang belajara Muaythai sementara olahraga pencak silat yang notabenenya asli Indonesia, sepertinya orang Indonesia kurang meminatinya bahkan ada sebagian guru pencak silat yang justru mengajar di luar negeri dan justru mereka (orang bule) yang begitu antusias dengan olahraga pencak silat ini

Reply
avatar
Mangs Aduls
admin
10 Mei 2015 19.02 ×

bagus nih buat jaga - jaga diri kalonya ada begal. sebelum mengunakan jurus pamungkas jurus kaki seribu

Reply
avatar
Mangs Aduls
admin
10 Mei 2015 19.03 ×

ia kang dr luar ke dalaham dr dlam keluar jadinya.

Reply
avatar
10 Mei 2015 19.32 ×

olah raga muaithai ini pasti banyak peminatnya, kalo di tempat saya masih banyakan silat mas :)

Reply
avatar
budi purnomo
admin
11 Mei 2015 06.10 ×

Habis olah raga rambut jadi lebih adem pas kelar sampoan ya mas :)

Reply
avatar
Defi Purnama
admin
14 Mei 2015 11.51 ×

Kalau bisa bela diri muay thai ini begal jadi lari ya mang kalau jumpa kita :D

Reply
avatar
Defi Purnama
admin
14 Mei 2015 11.54 ×

Muay thai ini sama karate sama nggak mas?

Reply
avatar
Defi Purnama
admin
15 Mei 2015 14.09 ×

Betul itu mas budi :D

Reply
avatar
budi purnomo
admin
16 Mei 2015 05.52 ×

Kalo adminnya lebih seneng sampoan jumat pagi deh mas defi hehe :)

Reply
avatar
Thanks for your comment