Resolusi Hijau 2015: Lingkunganku Sehat, Hutanku Lebat

Setiap orang pasti menginginkan lingkungan yang ditempatinya terlihat bersih, sehat dan indah. Akan tetapi sampai saat ini masih banyak juga orang yang kurang menyadari akan pentingnya lingkungan yang bersih, masih banyak orang yang membuang sampah sembarang maupun membakar sampah sehingga mengakibatkan pencemaran udara dan lain sebaginya, terkadang juga tidak mudah untuk mengajak dan meyakinkan orang agar selalu menjaga lingkungan supaya terhindar dari pencemaran atau polusi.

Mengingat sekarang ini kita sudah menginjakkan kaki di tahun baru 2015, tentu membuat kita berfikir dan mempunyai resolusi untuk kebaikan dan kemajuan di masa yang akan datang. Salah satu dari rencana tersebut adalah Resolusi Hijau dimana ini menjadi hal penting untuk keselarasan hidup manusia dengan kondisi lingkungan maupun alam yang bersih, sehat dan indah. Semua itu bisa kita mulai dari diri kita sendiri, misalnya kita bisa memberi contoh kepada para anak-anak kecil maupun remaja untuk selalu membiasakan hidup bersih dan sehat seperti membuang sampah pada tempatnya membesihkan perkarangan di sekitar rumah kita, kalau hal itu bisa kita lakukan maka akan muncul kesadaran pada diri kita kemudian tinggal kita mengimplementasikanya di lingkungan.

Lingkunganku Sehat..

Penghijauan depan rumah saya
Dalam poin pertama ini saya akan bercerita, memberikan gambaran sekaligus memberikan saran bagaimana membuat lingkungan yang kita tinggali bisa terlihat indah dan tetap bersih pada setiap harinya. Kebetulan di daerah tempat tinggal saya Bojonegoro, Jawa Timur sedang aktif membuat Resolusi Hijau salah satunya dengan mengimplementasikan program Desa sehat. dimana tiap desa maupun kelurahan yang ada di seluruh wilayah pemkab lewat RT/RW nya dianjurkan untuk berlomba-lomba membuat lingkunganya Aman, Sehat, Rapi, Indah (ASRI).

Nah dalam upaya menjaga kebersihan dan membuat lingkungan menjadi indah, warga di desa saya giat beraktifitas di lingkungan dengan ikut berpartisipasi diantaranya seperti membuat tempat sampah, membeli pot, menanam bunga dan berbagai macam jenis tanaman untuk diletakkan di sepanjang trotoar depan rumah. Selain melakukan gerakan penghijauan serta penyediaan tempat sampah, warga juga membuat bank sampah yang menampung sampah kardus dan plastik dari warga. Dan biasanya pada hari minggu pagi dilakukan kerja bakti pembersihan bersama di setiap lingkup RT.

Untuk rumah warga di desa saya rata-rata sekarang ini sudah memakai lantai kramik, mester semen. Ya memang syarat yang penting dari rumah sehat yang mana tidak berdebu pada musim kemarau dan tidak becek pada musim hujan. Karena lantai yang basah dan berdebu bisa menjadikan sarang penyakit. Selain lantai yang bersih rumah juga harus memiliki ventilasi udara yang cukup, minimal 10% dari luas lantai ruangan, supaya udara menjadi segar karena sirkulasi udara yang lancar. Itulah gambaran sekaligus kegiatan di desa saya campurejo.
Penghijauan lingkungan
Penyediaan tempat sampah di depan rumah warga
Gerobak pengangkut sampah warga
Semua itu bisa terlaksana karena planning dan kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah, adapun beberapa cara yang mudah dan efektif menurut saya pribadi untuk menyadarkan masyarakat supaya selalu menjaga kebersihan lingkungan dan ini juga menjadi bagian dari Resolusi Hijau saya, antara lain :

  • Melibatkan peran serta para pemuda untuk ikut menjaga kebersihan.
  • Melibatkan ibu/bapak untuk senantiasa memberikan contoh arti pentingnya menjaga kebersihan.
  • Memperbanyak tempat sampah supaya terbiasa untuk selalu membuang sampah di tempatnya dan mempermudah untuk membuang sampah.
  • Membuat bank sampah dan mensosialisasikan kepada warga untuk membedakan sampah yang organic dan non organic.
  • Mengatur jadwal untuk kerja bakti dengan demikian kita akan selalu menciptakan lingkungan yang bersih.
  • Memanfaatkan sampah untuk di Daur ulang seperti pembuatan kompos dan kerajinan tangan dengan mengunakan limbah sampah.
  • Mengusahakan untuk menggunakan sepeda ketika berpergian di daerah dekat rumah.
  • Menghemat energi, tidak menggunakan secara berlebihan, memakai seperlunya saja.

Hutanku Lebat..

Kawasan Hutan Bojonegoro
Pada poin kedua saya akan mengangkat kondisi hutan di walayah kabupaten tempat tinggal saya Bojonegoro. dimana pemerintah dan masyarakat sangat menaruh harapan bagaimana agar hutan di Bojonegoro bisa kembali hijau dan mendunia. Oh iya perlu sobat ketahui bawahwasanya hutan di daerah saya ini terkenal dengan sebutan Hutan Jati yang telah mendunia karena memang dari 26 jenis tanaman dan pohon yang ada didominasi oleh tanaman jati.

Hutan bojonegoro boleh dibilang cukup luas dimana tersebar hampir di setiap kecamatan di Bojonegoro, pengelolaanya pun cukup beragam ada yang dikelola oleh Perum Perhutani ada juga hutan rakyat yang dikelola oleh masyarakat sendiri. Jati yang dihasilkan hutan di Bojonegoro merupakan katogori jati kualitas unggulan. dengan adanya huta jati selain mempunyai keuntungan sebagai penghijauan (sirkulasi udara) kayunya sangat membantu baik untuk perumahan, pembuatan meubel dan lain-lain.

Akan tetapi sangat disayangkan seiring dengan bertambahnya waktu beberapa hutan mulai gundul akibat penebangan kayu secara liar yang dilakukan oknum yang tidak berttanggung jawab, selain itu juga diakibatkan oleh kebakaran hutan di musim kemarau. Tentu hal itu menjadi masalah yang serius bagi pemerintah kabupaten dan juga masyarakat.

Melihat hal tersebut pemerintah dan warga tidak tinggal diam saja, semua langsung bergerak cepat dengan berbagai langkah diantaranya dengan membuat program-program terkait pelestarian hutan dan alhamdulillah telah berjalan sejak tahun 2011 hingga tahun 2015 ini dimana terdiri dari beberapa poin yakni :

  • Program Perlindungan Dan Konservasi Sumber Daya Hutan
  • Program Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Hutan
  • Program Pembinaan Dan Penertiban Industry Hasil Hutan
  • Program Rehabilitasi Hutan Dan Lahan 

Program di atas saya ketahui ketika melakukan wawancara pada salah satu petugas hutan. Selain itu juga rutin diadakan penanaman bibit-bibit pohon di seluruh kawasan hutan bojonegoro, baik itu dilakukan warga sekitar, para pelajar, mahasiswa maupun pemerintah sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian hutan. tanamannya pun sangat beragam diantaranya seperti Mahoni, Jati, Kesambi, Sengon, Trembesi, Ringin, Johar, Tanjung, Sukun dan masih banyak yang lainya. Di setiap titik penting hutan juga ada Pos penjagaan/polisi hutan untuk mengawasi segala bentuk aktifitas di hutan.

Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya sendiri mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama rombongan dari kampus PBI UT di area hutan bagian selatan kota Bojonegoro tepatnya di kecamatan Ngasem, sambil mengunjungi tempat wisata Kayangan Api yang letaknya memang di tengah-tengah hutan. Disepanjang jalan hutan saya melihat hamparan tanaman yang tampak hijau, ada tanaman yang baru alias dalam bentuk bibit ada juga tanaman yang sudah tumbuh besar dan saya menilai perkembanganya sangat luar biasa dan menunjukan bawha hutan bojonegoro akan kembali lebat sesuai dengan tujuan dari The Nature Conservancy Program Indonesia (TNC). berikut ini foto-foto kondisi hutan yang saya ambil sewaktu mengikuti kegiatan.
Wilayah Pengelolaan Hutan Oleh Perhutani
Akses Jalan Kawasan Hutan
Bibit Jati
Jati Berukuran Sedang
Jati Dewasa
Jati Besar

Kesimpulan..

Alam yang indah dan lestari merupakan alam yang mengandung berbagai komponen ekosistem secara seimbang. Setiap komponen di dalam ekosistem berinteraksi dan membutuhkan oleh karena itu, kita harus menyayangi alam dengan cara memelihara dan melestarikannya. Keseimbangan inilah yang harus tetap dijaga agar keanekaragaman sumber daya alam tetap lestari dan terjamin. Keseimbangan alam dapat terganggu atau rusak. Dengan demikian, pemanfaatan sumber daya alam sebaiknya diusahakan secara arif dan bijaksana sesuai keseimbangan alam.

Demikian apa yang bisa tuliskan mengenai Resolusi Hijau 2015: Lingkunganku Sehat, Hutanku Lebat. semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. dan semoga semua harapan akan tercapainya lingkungan maupun alam yang bersih, sehat, dan indah bisa terwujud. amin.. Ini Resolusi Hijauku, mana Resolusi Hijaumu?

Buat anda yang ingin mengetahui update terkini kondisi alam indonesia dan juga mendapatkan tip-tips pelestarian lingkungan silakan kunjungi wesbsite www.nature.or.id, TCN Indonesia mempunyai misi dan visi yakni melestarikan daratan dan perairan yang menjadi sandaran bagi semua kehidupan, mewariskan kehidupan alam yang berkesinambungan bagi generasi mendatang. Oh iya jangan lupa follow twitter @ID_Nature dan like Fanpage The Nature Conservancy in Indonesia.

Penulis : Moch Achsanul In'am
Dokumen foto milik penulis sendiri, berdasarkan pengalaman pribadi.
Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
hj ruasiah
admin
28 Januari 2015 05.39 ×

Sungguh indah dan asri betul lingkungan, salah satu ciri daerah yang bisa dijadikan percontohan kebersihan bagi daerah lain...

10hdtv.blogspot.com

Reply
avatar
28 Januari 2015 06.56 ×

Tong sampahnya terbuat dari limbah KALENG CAT ya???

Reply
avatar
Dian A K
admin
28 Januari 2015 07.54 ×

subhanallahh... negeriku sangat kaya sekali akan alamnnya jika dirawat dengan lebih bak lagi :)) :D

Reply
avatar
budi purnomo
admin
28 Januari 2015 18.19 ×

seneng ngeliat suasananya mas, keliat bersih dan sejuk :)

Reply
avatar
29 Januari 2015 17.28 ×

hmm....indah banget pemandangannya mas, kalo ngeliat tanaman pohon jati seperti itu jadi keingetan jalan menuju daerah istri saya...

Reply
avatar
Thanks for your comment