Mengulik Potensi Wisata, Indahnya Bengawan Bojonegoro

Indahnya Bengawan Bojonegoro
Mengulik Potensi Wisata, Indahnya Bengawan Bojonegoro [1]
Sungai atau bengawan adalah tempat mengalirnya air yang mempunyai banyak fungsi dan manfaat pada kehidupan, misalnya untuk mengairi sawah, mandi, sarana/jalur transportasi, pembangkit listrik dan masih banyak kegunaaan lainya. Disisi lain bengawan juga mempunyai potensi untuk dijadikan sebagai obyek wisata lho, Seperti halnya Bengawan Bojonegoro.

Ya, Bengawan Bojonegoro salah satu jalur aliran sungai terpanjang di jawa yakni Bengawan Solo. Walaupun berada di kota kecil, Tapi siapa sangka kalau bengawan ini memiliki pesona keindahan tersendiri yang bisa untuk dieksplor. Akan banyak potensi wisata yang indah jika memang di jaga dan dikelola dengan sungguh-sungguh. Pemanfaatan bengawan dengan penuh dedikasi yang baik akan selalu menghasilkan manfaat yang baik pula, baik secara langsung maupun tidak langsung akan menjadi daya tarik tersendiri bagi turis lokal maupun turis mancanegara, Sehingga bisa meningkatkan pendapatan daerah.

Indahnya Bengawan Bojonegoro

Nah berikut ini saya akan mencoba berbagi informasi sekaligus mengulik potensi wisata Indahnya Bengawan Bojonegoro apa saja yang ada di dalam kemasan Bengawan Bojonegoro? yang nantinya bisa menjadi referensi berlibur anda semua ketika berada di bojonegoro. Simak ulasan saya berikut ini.
  • Bendungan Gerak
Bendungan Gerak
Bendungan Gerak [2]
Pada saat hari libur biasanya tempat ini ramai dikunjungi warga yang ingin bersantai menghabiskan waktu di sore hari, karena selain pemandangan yang asri biasanya juga dimanfaatkan warga untuk melihat kenidahan sunset. Tempat ini juga menjadi tempat favorit kalangan remaja maupun para fotografer untuk hunting pemandagan sekitar bendungan gerak. Untuk anda yang mungkin sedang berada di bojonegoro tidak ada salahnya untuk mampir ke lokasi ini tanpa dikenakan biaya alias gratis. Pulangnya anda juga menyempatkan diri untuk mampir ke Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu yang menjadi sentra penghasil belimbing.
  • Jembatan Malo & Kali kethek
Jembatan Malo
Jembatan Malo [3]
Ya, kedua Jembatan ini dibangun untuk membuka akses jalan antar kecamatan maupun ke daerah lain di Bojonegoro. Sekilas mungkin bagi anda yang melintas, Jembatan ini hanya terlihat sebagai jembatan penyebarangan saja. Namun siapa sangka kalu disekitar lokasi ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi warga khususnya remaja. Dimana tepat ini dimanfaatkan untuk melihat bengawan dari atas. Tidak sedikit yang mengaktifkan kamera untuk mengambil gambar pemandangan, karena memang di sebelah utara terdapat bukit seperti pegunungan. Selain kedua jembatan ini, masih banyak lagi jembatan di bojonegoro seperti Jembatan Glendeng, Jembatan Jetak, dll.
  • Tambangan Bojonegoro (Penyebrangan)
Tambangan Bojonegoro
Tambangan Bojonegoro [4]
Salah satu spot yang asyik dikunjungi di daerah bengawan adalah tambangan, tempat penyeberangan warga yang berada di bantaran sungai dengan menggunakan jasa perahu maupun Getek "Rakitan Bambu". Di bojonegoro sendiri terdapat beberapa titik lokasi tambangan (penyebrangan), 2 diantaranya di sebelah utara Area Pasar Kota dan daerah Purwosari. Tempat ini mempunyai pemandangan yang begitu indah. Selain untuk penyebarangan ternyata tambangan cocok juga dijadikan tempat untuk Njungok "Nongkrong" para warga, apalagi saat musim kemarau. Kita bisa melihat aktifitas warga yang hilir mudik di bantaran aliran bengawan.
  • Sebagai Area Pemancingan
Lomba Mancing di Bengawan Bojonegoro
Lomba Mancing di Bengawan Bojonegoro [5]
Saya rasa bengawan bisa menjadi salah satu tempat alternatif untuk anda yang hobby mancing. Ya, Hampir setiap hari ada saja warga yang datang untuk sekedar menikmati pemandangan disekitar bengawan, Sambil mancing diperairannya yang tenang namun memiliki potensi ikan yang cukup besar. Seperti halnya ikan jambal/patin, wader, bader, jambal, blosso, Sarkamud "Ikan Pembersih Kaca" dan masih banyak jenis ikan yang terdapat di bengawan. Selain itu banyak juga warung makan sekitar yang menjual olahan makanan dari ikan bengawan. Seperti warung makan di depan SPBU jetak bojonegoro.
  • Festival Bengawan Bojonegoro
Festival Bengawan Bojonegoro
Festival Bengawan Bojonegoro [6]
Nah, kalau ini lagi hangat-hangatnya nih. Dimana bulan Oktober 2014 kemaren baru saja diadakan Festival Bengawan Bojonegoro sebagai kado Hari Jadi Bojonegoro ke-337. Dalam festival ini banyak terdapat rangkaian kegiatan yang menarik dan menghibur, seperti Parade Perahu hias, lomba berenang menyebrang bengawan, dan masih banyak lomba lainya serta kegiatan budaya dan kesenian. Bahkan acara ini menurut rencana akan menjadi agenda setahun sekali setiap peringatan HUT Bojonegoro.Dan masih banyak potensi-potensi lain,

Bersama Menjaga Kelestarian Bengawan Bojonegoro

Melihat banyaknya potensi Bengawan Bojonegoro diatas yang bisa dijadikan obyek wisata, Maka perlu dimanfaatkan secara optimal dan dirawat dengan baik, Karena jika potensi yang besar itu dibiarkan saja tidak akan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat selain hanya untuk sarana transportasi dan sumber air bagi kehidupan sehari-hari. Perlu juga dilakukan gerakan kebersihan untuk menjaga kelestarian Bengawan Bojonegoro. Menurut saya uapaya yang bisa kita lalukan bersama untuk melestarikan bengawan adalah sebagai berikut :
Melestarikan Bengawan Bojonegoro
Melestarikan Bengawan Bojonegoro
  • Jangan Merusak Bengawan
Satu lagi, ini juga salah satu upaya yang penting, dimana akhir-akhir ini masih ada Penambang Pasir liar atau Ilegal di Nggisikan "Pasir Pinggiran Bengawan". Padahal kegiatan tambang pasir ilegal ini bisa merusak lingkungan dan fasilitas di sekitarnya. Pemerintah Daerah sendiri sudah berusaha menertibkan beberapa kali, Namun masih saja ada oknum yang melancarkan kegiatan tersebut. Ya, Semoga kedepanya pemerintah bisa lebih tegas lagi dalam memberikan sanksi kepada para oknum tersebut, Supaya ada efek jeranya. Dan untuk para oknum semoga cepat sadar dan mengerti bahwa bengawan bukan tempat untuk dirusak.

Terakhir, Demi mewujudkan upaya-upaya diatas, maka diperlukan kerjasama yang baik dari semua pihak baik Bupati Bojonegoro maupun masyarakat terutama, Karena kalau masyarakat tidak menjaga kebersihan bengawan hal itu tidak dapat tercapai. Jadi penataan bengawan bukan hanya dilakukan oleh pemerintah, Tapi juga masyarakat. Semoga kedepanya Bengawan Bojonegoro bisa dikelola dan dijaga dengan baik sehingga bisa semakin bersih, indah, lestari dan MATOH "Bagus".

Penulis : Moch. Achsanul In'am
Sumber gambar :
[1] kecamatan-trucuk.blogspot.com
[2] setia1heri.com
[3] lensaindonesia.com
[4] zaida5.blogspot.com
[5] rimanews.com
[6] deliknews.com

Tulisan ini dikut sertakan dalam lomba Blog Hari Jadi Bojonegoro 337 yang diselenggarakan oleh www.bojonegoro337.com
Previous
Next Post »

17 komentar

Click here for komentar
15 November 2014 18.02 ×

Sungai yg bersih Ciri Masyarakat nya yg apik dan asri ya Mas, mari kita jaga dan lestarikan Sungai Bengawan Bojonegoro dengan tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga kebersihan lingkungannya agar Tempat Wisata Bengawan Bojonegoro banyak yg mengunjungi ... :)

Reply
avatar
Indo Jelajah
admin
15 November 2014 18.31 ×

Suatu potensi wisata yang cukup menjanjikan sebagai sumber PAD untuk kesejahteraan masyarakat, asalkan dikelola secara transparan dan bersih dari unsur2 KKN.
good job sob...

Reply
avatar
Asep Haryono
admin
15 November 2014 20.28 ×

Ada perahu tambangan yang mampu memuat banyak sekali penumpang lengkap dengan kendaraan sepedanya ikut naik ke perahu tambang. Apa sudah diperhatikan keselamtannya. Agak was was juga melihatnya kalau perahunya kecil namun memuat penumpang melebihi kapasitasnya. Apa tidak mengundang bahaya ya

Salut sama sungainya yang bersih, dan indah serta sedap dipandang mata oleh yang baru pertama kali melihatnya dari virtual seperti saya ini.

Reply
avatar
Mang Lembu
admin
15 November 2014 22.42 ×

sebuah potensi yang ada dihadapan mata, sungguh ironis jika tidak kemudian potensi tersebut digali dengan maksimal, apalagi nama Bengawan Bojonegoro dah terkenal...hayo kang...gali lebih dalam lagi bengawan nya

Reply
avatar
budi purnomo
admin
15 November 2014 23.04 ×

Kalo pemda setempat mau sering promosiin kayaknya bakal tambah rame dan dikenal byk masyrkt luas ya mas :)

Reply
avatar
16 November 2014 01.00 ×

Untuk orang yg hobi memancing kayany cocok neh berkunjung ke begawan ini

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
16 November 2014 05.23 ×

Betul sekali mas, kebersihan sungai sangat perlu supaya bisa dimanfaatkan dengan baik, terlihat indah dan asri. Yang terpenting kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian bengawan dan menjadi tanggung jawab bersama.

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
16 November 2014 05.28 ×

Yes, saya setuju dengan pendapatmu sob. Harapan sayapun demikian bagaimana cara supaya bengawan bojonegoro ini bisa digali dan dikembangkan potensinya supaya menjadi tempat rekreasi ataupun yang lain pokonya bersifat positif.

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
16 November 2014 05.32 ×

hehe iya bener juga mas, ya semoga hal seperti keamanan dan keselamatan dalam perahu baik itu bentuk, kapasitas dan juga baju pelampung kedepan bisa menjadi perhatian khusus dan segera ada perbaikan.

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
16 November 2014 05.37 ×

Itulah mang harapan kami semua masyarakat bojonegoro, supaya nama bojonegoro lebih menggema lagi dengan adanya potensi wisata bengawan ini jika nantinya bisa benar terealisasi, Meskipun di bojonegoro sendiri sudah ada beberapa tempat wisata

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
16 November 2014 05.38 ×

Amin.. saya aminin pernyataan mas budi, hehe

Reply
avatar
Em Albar
admin
16 November 2014 05.43 ×

wah kreen sekali sobat, kapan ya saya kesana, suasananya asri dan kompak kelihatannya

Reply
avatar
Dede Thea
admin
16 November 2014 16.01 ×

wah keren banget nih tempatnya,sungainya juga bersih,kapan kapan kalau lewat ke Bojonegoro kudu mampir dulu nih kesini,,,

Reply
avatar
17 November 2014 21.42 ×

Eh busyet yg nyebrang tambangan banyak banget gitu yaaaa, aku ngeri aja kecemplung :-9

Reply
avatar
Dian A K
admin
18 November 2014 04.10 ×

weh weh weh..juos gandos. tempat wisatanya. hehehe
kalau di tempat saya mah dikit. hehehe

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
19 November 2014 13.43 ×

kapan2 lah sob... maen dong ke jawa. hehe

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
19 November 2014 13.46 ×

Monggo mas dede, semoga momennya bener2 bengawan pas sudah dalam keadaan bersih, indah dan lestari ya mas. doain juga supaya pemerintah bisa mengelolanya dengan baik

Reply
avatar
Thanks for your comment