Takabonerate, Pesona Eksotisme Wisata Bahari Dari Sulawesi Selatan

Sobat, mungkin dulu awal-awal mendengar nama Selayar begitu asing ditelinga kita, Bahkan banyak yang bertanya-tanya “Selayar itu daerah mana sih? Emang disana ada apa sih?”. Akan tetapi sekarang ini nama selayar mulai dekenal loh sobat, Ya.. Selayar merupakan sebuah pulau kecil yang membentang di ujung kaki Sulawesi Selatan. Salah satu surga dunia yang jarang terjamah, dan mungkin belum banyak terdengar di telinga masyarakat luar daerah.

Namun, siapa sangka kalau Pulau Selayar itu memiliki beribu pesona keindahan bahari yang tidak kalah dengan pantai seperti Raja Ampat, Lombok, Bali, dan lainnya. Salah satunya adalah Takabonerate!

Apa itu Takabonerate? Dimana Tempatnya?
Peta Menuju Takabonerate (tntakabonerate.com)
Takabonerate itu adalah sebuah Taman Nasional dengan spot diving yang keren pake banget, letaknya di Sulawesi Selatan, di kepulauan Selayar. Takabonerate disebut-sebut sebagai surganya Atol terbesar ketiga didunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Perlu diketahui juga, Taman Nasional Takabonerate ini mempunyai Atol seluas kurang lebih 220.000 hektar loh sobat, dengan 261 jenis terumbu karang dan 295 spesies ikan seperti famili Chaetodontidae, Labridae, Scaridae, serta ribuan biota laut cantik lainnya. itu yang saya baca dari hasil searching google. Sungguh menajubkan..
Sumber Foto : akhmadi-milundip.blogspot.com
Sumber Foto : movietamin.proboards.com
Mungkin dari tadi anda bertanya-tanya apa sih Atol itu? Hehe.. saya jadi penasaran deh. Dari hasil googling sana sini, atol itu terumbu karang yang tumbuh melingkar menyerupai cincin, sehingga dibagian tengahnya terdapat danau yang disebut ‘laguna’ dan menjadi tempat hidup berbagai biota laut. Coba liat gambar ini nih:

Atol Takabonerate - Sumber Foto : id.wikipedia.org
Selain sekedar menikmati eksotisnya pantai Takabonerate, snorkeling dan diving juga menjadi hal yang wajib wisatawan lakukan kalau berkunjung kesini. Sehingga wisatawan bisa menjumpai aneka jenis karang, mulai dari karang hidup, karang mati, alga, padang lamun, hingga gundukan pasir atau bungin. Dan serunya lagi, wisatawan juga bisa mengikuti beberapa kegiatan pelestarian alam disini, seperti transplantasi terumbu karang atau pelepasan anak penyu dan yang lainnya. udah kebayangkan gimana asyiknya?.. hehe

Oh iya setiap tahunya di kawasan ini diadakan Takabonerate Island Expedition dan Sail Taka Bonerate. Ya tujuannya sih sudah pasti, untuk lebih menarik perhatian wisatawan agar berkunjung ke tempat ini. Dengan jargon Visit Takabonerate 2014 dari pemerintah Sulsel, juga menjadi daya tarik sendiri loh bagi wisatawan lokal maupun internasional. Karena kecantikan alamnya, Taman Nasional Takabonerate ini juga dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia sejak tahun 2005.

Bukan hanya karena Takabonerate tempat yang super duper keren. Ya, Indonesia memang udah keren dari dulunya. Mulai dari Sabang sampai Merauke. Semua keren! Sudah tidak bisa dibantah lagi fakta itu. Tapi kalau masih penasaran apa dan dimana itu Takabonerate coba tonton video ini. Cekidott..

Memang sih Takabonerate dulu belum setenar Bunaken, Wakatobi, Raja Ampat. Tapi, saya berani meyakinkan bahwa ini masalah waktu saja. Kita lihat saja mulai sekarang dan kedepannya Takabonerate akan menjadi salah satu primadona para penggemar wisata bahari di dunia. Melalui Takabonerate Island expedition 2014, salah satunya..

Takabonerate, Semakin Hari, Semakin Dikenal
Jujur saja sobat, awalnya saya tidak tahu sama sekali tentang tempat wisata ini, & saya mengetahuinya baru-baru ini ketika Takabonerate lagi ramai-ramainya diperbincangkan di Media Sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Blog dll. Ketinggalan berita banget ya sob saya :(

Pertama kalinya saya tahu dan menjumpai perbincangan mengenai Takabonerate itu dari twitter dan www.travelingcelebes.com, Dan itu membuat saya penasaran, seperti apa sih Takabonerate itu. Kemudian saya bergerak cepat dengan melanjutkan browsing2 di google, Saya pun merasa kaget dan takjub, ketika saya mengetik kata Takabonerate di google, muncul Sekitar 87.200 hasil (0.24 detik.) pencrian tentang artikel atau pembahasanya. Sungguh luar biasa.. Begitu juga di facebook dan medsos yang lain. Semuanya lagi booming tentang Takabonerate. Ini membuktikan kalau tempat wisata ini semakin hari semakin dikenal. Keren kan? ini butktinya sudah saya screnshoot..

Takabonerate di Google
Takabonerate di Twitter
Takabonerate di Facebook
Demikan apa yang bisa saya share sekaligus ceritakan tentang Takabonerate, kalau masih penasaran datanglah langsung ke Takabonerate, dan nikmati keindahan terumbu karang, lengkap dengan biota laut menawan serta pemandangan bahari yang mengesankan. 

Pada intinya destinasi wisata di Indonesia ini begitu memesona setiap orang. Keindahan alam baik di laut maupun pulau-pulau karangnya (karst) yang eksotik, memikat hati setiap orang baik dari dalam maupun luar negeri. So, gak perlu jauh-jauh keluar negri deh buat Traveling, di Indonesia semua sudah tersedia! Terakhir, Mari kita sama-sama  jaga dan lestarikan alam Indonesia.


Moch. Achsanul In'am
Previous
Next Post »

13 komentar

Click here for komentar
Cilembu thea
admin
11 September 2014 08.23 ×

satu lagi kekayaan pariwisata Indonesia yang layak untuk di gaungkan lebih jauh lagi ke seluruh dunia bahwa di Sulse, ada Takabonerate sebuah surga dunia yang layak untuk dinikmati.
mantapfilm dokumenternya kak

Reply
avatar
12 September 2014 03.27 ×

indahnya pemandangan alam Takabonerate ya mas, selain keindahan lingkungan sekitar, di dalam airnya pun tak kalah eksotis nya, bener2 pemandangan yg indah ... kapan aku bisa kesana yaah hehehe

Reply
avatar
budi purnomo
admin
12 September 2014 03.49 ×

Negeri ini memang kaya ya mas.. terutama akan keindahan alamnya :)

Reply
avatar
Hermanbagus
admin
12 September 2014 04.43 ×

Wah Indahnya pemandangannya subhanallah :)

Reply
avatar
Adhy Suryadi
admin
12 September 2014 06.02 ×

Kalau lihat atol-nya seperti itu udah pasti pemandangan dan wilayahnya pasti paradise hehehe... dan pantas masuk situs warisan dunia. Semoga bis berkembang dan tidak ada oknum yang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi.

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
13 September 2014 20.03 ×

iya mas, ini termasuk potensi yg tersebunyi selama ini, sudah saatnya untuk dipromosikan ke masyarakat luas baik daerah maupun luar negeri.

baru lihat videonya udah keren abis mas, gmn kalau langsung dlokasi ya? hhe

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
13 September 2014 20.07 ×

betul sekali mas, indah banget. jujur saya sendiri baru tau, kalau ada tempat seindah ini di indonesia khususnya sulawesi, selain raja ampat wakatobi dll

kapan2 mas, hhe kalau pas lgi liburan maen ksitu aja :)

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
13 September 2014 20.08 ×

yoi mas, sudah selayaknya untuk kita jaga dan lestarikan alam indonesia tercinta ini :)

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
13 September 2014 20.15 ×

bukan keren aja mas, tapi kuereenn banget, hehe
setuju, harapan saya juga demikian mas, smoga Takabonerate ini bisa trus berkembang lg baik dari segala sisinya

Reply
avatar
Fikri
admin
14 September 2014 14.51 ×

Subhanallah, baru tahu selayar dan takabonerate-nya...
indah sekali sob,...

Atolnya itu muncul sampai ke permukaan ya? btw kayak tanah gitu tampilan dari atas, apakah bisa dipijak?

salam kunjungan balik sobat

Reply
avatar
Azie Thea
admin
8 Oktober 2014 00.29 ×

Susananya cocok untuk hanimun nih, ayo bagi yang mau berpariwisata datang kesana.

Reply
avatar
Mang Lembu
admin
15 November 2014 23.28 ×

tau ngga?
sehari setelah maen ke blog ini, saya dan keluarga langsung meluncur menikmati pesona Takabonerate loch..kang
bener-bener membuat kita sekeluarga takjub akan eksotismenya...akhir tahun mau kesana lagi...mau ikut ngga?

Reply
avatar
17 November 2014 03.25 ×

kalau untuk ane yang ngga bisa berenang, ada alternatif untuk menikmati objek wisata ini?

Reply
avatar
Thanks for your comment