Kampanyekan Hidup Sehat, Minum Jamu Asli Indonesia

Sobat, menjaga kesehatan sebenarnya bisa kita lakukan dengan cara sederhana lho yakni berolahraga secara teratur, makan makanan yang bergizi dan melakukan tindakan preventif terhadap serangan penyakit dengan meminum jamu tradisional. Haa.. minum jamu?

Iya.. minum jamu. kalau dipiki-pikir obat jamu herbal memang bisa menjadi sebuah alternatif, apalagi kalau masyarakat umum dan anak-anak muda seperti kita ikut minum jamu, dan masyarakat menyadari bahwasanya hidup sehat tidak perlu sampai ke rumah sakit. Cukup dengan minum obat jamu herbal.

Menurut WHO, sekitar 80 % dari penduduk di beberapa negara Asia dan Afrika menggunakan obat tradisional untuk mengatasi masalah kesehatan (sumber). Nah benar kan?

Jamu, Warisan Asli Kebudayaan Indonesia

Jamunya jeng…jamu beras kencur
Biar badan gemuk subur
Jamunya jeng…jamu kunir asem
Biar badan sehat ayem

Mendengar cuplikan lagu mbok jamu di atas, membuat saya teringat akan masa kecil dimana kala itu sering di ajak almarhum ayah saya membeli jamu, entah itu di depot jamu maupun dari penjual jamu gendong keliling. Seinget saya dulu ayah sering beli jamu pegel linu, mungkin ayah kecapekan setelah kerja seharian dikantor, hehe. Dan saya pada waktu itu paling suka minum jamu beras kencur, karena memang cuman itu jamu yang saya tahu tidak pahit dan rasanya enak. haha. Harganya pun sangat murah dan terjangkauSebagai penawar rasa pahit, sesudah meminum jamu pahitan biasanya diberikan jamu yang rasanya manis dan segar seperti sinom atau kunir asam.
sumber foto : regional.kompasiana.com
Seperti yang kita ketahui, jamu itu minuman yang dibuat dari berbagai jenis tumbuhan seperti akar-akaran, daun-daunan, atau buah terntentu yang bisa diolah menjadi obat herbal. Apalagi sejak dahulu Indonesia telah mengenal jamu sebagai media pengobatan, kesehatan, maupun perawatan tubuh. Dengan berbahan dasar herbal, maka masyarakat tidak perlu khawatir lagi akan efek samping yang ditimbulkan karena meminum jamu.

Selain itu, jamu juga telah resmi dipersiapkan Kemendikbud untuk diajukan ke lembaga kebudayaan PBB, UNESCO demi memperoleh pengakuan sebagai Warisan Kebudayaan Dunia Karsa dan Karya Bangsa Indonesia. Nah, pasti kamu juga ikut bangga kan kalau jamu diakui dunia? hhe


Indonesia itu kaya akan sumber daya alam sobat, apalagi tanaman herbal alias tanaman obat-obatan yang digunakan sebagai bahan dasar jamu. Sebagai contoh Jambu Biji yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, meningkatkan kesehatan gusi, gigi dan pembuku kapiler serta membantu penyerapan zat besi dan penyembuhan luka.


Info lengkap kandungan jamu biji:
Jambu Biji
Untuk mengetahui perkembangan tanaman obat dan obat jamu tradisional indonesia, sobat bisa melihat cuplikan video berikut ini, dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Cekidott...

Inovasi Jamu, Untuk Menarik Minat Masyarakat
Mendengar kata "Jamu", biasanya pada anak-anak ada kesan yang tertanam bahwa jamu itu pahit, takut untuk meminum. padahal g semua jamu itu pahit ya? haha. Untuk itu berbagai macam cara yang kreatif sangat dibutuhkan dalam pemanfaatan jamu. Tentunya mengemas atau membuat jamu lebih bervariasi, unik, dan lebih menarik. Tujuan utama inovasi ini adalah supaya lebih banyak yang suka dan mau mengkonsumsi jamu.

Seiring dengan kemajuan jaman dan teknologi beberapa perusahaan jamu telah menggunakan teknologi modern untuk memodifikasi jamu menjadi suatu bentuk yang mudah dikonsumsi serta mencampurkan unsur-unsur lama lainnya guna menghilangkan rasa pahit dari jamu tersebut.

Nah, untuk memperkenalkan jamu yang selama ini disegani masyarakat khususnya anak-anak. karena menurut mereka rasanya pahit, padahal jika dikemas dari segi rasa, bisa diolah menjadi berbagai olahan seperti es krim jamu, kue jamu, permen jamu, cokelat jamu dsb. Seperti contoh berikut.
kumpulan foto : google image & editan pribadi
Itulah beberapa contoh produk olahan menggunakan Jamu. Pada intinya produk jamu yang telah mendapatkan sentuhan inovasi modern bisa lebih diterima oleh pasar. Oleh karena itu kita sebagai orang timur khususnya Indonesia yang memang kaya dengan berbagai jenis jamu tradisional perlu berinovasi hingga menghasilkan produk makanan dan minuman sehat. Dan saya sangat mengapresiasi siapapun itu yang berniat memajukan dan melestarikan jamu baik itu dari jaringan penjualan sampai trik pemanfaatannya. Memang sungguh luar biasa para inovator jamu kita. Pokoknya salutt deh !!

Namun sangat disayangkan sobat disaat semua berlomba-lomba untuk berinovasi dan melestarikan jamu, masih ada saja segelintir orang (Oknum) yang tidak bertanggung jawab melakukan kejahatan dan menjadi Jamu sebagai objeknya. beberapa waktu lalu saya sempat membaca berita di internet mengenai "BPOM berhasil melakukan penggrebekan dua pabrik jamu rumahan di Cisauk, Kabupaten Tangerang dan menemukan produk berbagai jenis Jamu Oplosan siap jual yang mengandung bahan kimia obat" (Baca beritanya Disini). Sungguh miris sekali ya :(

Ya, semoga saja hal seperti itu tidak terjadi lagi sobat, kasian nanti orang-orang yang meminumnya dan tidak tahu kalau jamunya sudah dicampur obat-obatan kimia. Setelah adanya kejadian tersebut, sudah seharusnya proses pembuatan jamu harus diawasi secara ketat, sesesuai prosedur, bisa menghasilkan jamu yang benar-benar berkualitas dan dijamin keamananya. Amin..

Mengkampanyekan Jamu, Dengan Menggelar Event
Melihat perkembangan jamu di Indonesia supaya menjadi suatu budaya sehingga memiliki peranan yang tinggi dalam sistem kesehatan, maka dibutuhkan dorongan dan dukungan seluruh stakeholder baik pemerintah, lembaga penelitian, perguruan tinggi, dunia usaha, maupun masyarakat.
Beberapa upaya yang bisa kita lakukan menurut saya adalah dengan menggelar acara yang berkaitan dengan jamu tiap bulan dan melibatkan para penjual jamu tradisional, seperti pameran jamu dan produk herbal, workshop tentang jamu, karnaval jamu tradisional, festival jamu atau demo pembuatan jamu, dll. Terserah nantinya acara dikemas bagaimana yang terpenting bisa memperkenalkan jamu ke masyarakat luas, Bahkan acara'' semacam itu bisa diadakan di luar negeri. Biar tambah keren & Jamu Go Internasional!

Nantinya pada acara tersebut masyarakat juga bisa menikmati jamu secara gratis. Jamu tradisional yang disediakan juga kita buat bervariasi, seperti temulawak yang bermanfaat untuk kesehatan hati dan pencernaan, kunyit untuk kesegaran dan kebugaran tubuh, atau jahe berguna menghangatkan tubuh, dsb.

Dalam jamu herbal tersebut juga kita berikan informasi tentang jamu dan manfaatnya kepada warga masyarakat yang datang ke lokasi kegiatan, maupun mendatangi rumah warga di sekitar lokasi. Selama ini kan masih banyak tuh warga masyarakat yang belum mengetahui tentang jamu herbal tradisional nih, Kalau sudah tau manfaat jamu herbal maka masyarakat bisa menanam sendiri bibit-bibit tanaman obat.

Ironis sekali jika kita sendiri tidak berusaha mempertahankan milik kita dan mengkampanyekannya, dan baru kemudian tersadar ketika produk itu diklaim negara lain. Ingat sobat.. Jamu adalah warisan kebudayaan Indonesia!

Semoga dengan Kampanyekan Hidup Sehat, Minum Jamu Asli Indonesia, nantinya bisa memberikan inspirasi dan saya harapkan bisa menumbuhkan rasa semangat untuk melestarikan jamu, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, serta dapat meningkatan ekonomi masyarakat khususnya para penjual jamu.

Demikian sedikit cerita saya tentang Jamu, Mari kita bersama-sama Melestarikan dan Menjadikan Jamu Sebagai Warisan Budaya Dunia Karya Bangsa Indonesia!

Lestarilah Jamu Indonesia..
Previous
Next Post »

26 komentar

Click here for komentar
Dian A K
admin
6 September 2014 07.10 ×

Artikel tentang jamunya sangat bagus sekali sobat. saya sangat kagum sekali dengan warisan budaya ini. tetapi dijaman sekarang ini Para anak2 muda lebih memilih minuman nggak sehat yang mengandung pengawet seperti Pepsi, Fanta, Sprite, Dll.
saran entre juga bagus sekali jka dikembangkan. bisa saja kita buat festival seperti itu. hehehe :D

Nice Artikel (y)

Reply
avatar
Zuh diyah
admin
7 September 2014 05.03 ×

ide yang bagus mas, saya sangat setuju. jamu akhir2 ini memang mulai tenggelam pamornya, diperlukan terobosan atau ide2 membangun sprti itu supaya jamu kembali dinikmati masyarakat luas

Reply
avatar
Mas Nady
admin
8 September 2014 06.09 ×

hahhaha saya nggak suka pahit mas. dari kecil jamu tradisional yang paling saya suka cuma beras kencur hehehe

Reply
avatar
budi purnomo
admin
8 September 2014 07.01 ×

Pahitnya hanya berakhir ditenggorokan doang ya mas..tapi khasiatnya berlaku buat jangka panjang...
Jamu indonesia emang top deh pokoknya :)

Reply
avatar
Mang Lembu
admin
8 September 2014 10.00 ×

tiap sore saya mah udah berlangganan setia banget sama m'ba ayu asli solo m'ba jamu yang singset.
semoga kontesnya menang yea.

Reply
avatar
Nabil Fayadh
admin
8 September 2014 19.16 ×

saya suka jamu yang dari kunyit, rasanya manis dan enak di badan.

Reply
avatar
Herman Bagus
admin
10 September 2014 18.05 ×

mulai di on kan blognya :)

Reply
avatar
Edyn Laskar
admin
10 September 2014 21.02 ×

Om Achsan gak jualan jamu kan,,, hehehe

Reply
avatar
Warta Cinta
admin
10 September 2014 21.12 ×

suatu kampanye yang cukup bagus dan murah dalam memenuhi kebutuhan hidup sehat, dan sekaligus menjaga warisan leluhur kita...
sukses untuk jamunya mas Achsan

Reply
avatar
Adhy Suryadi
admin
10 September 2014 21.28 ×

Saya suka sekali minum jamu, tapi sayang masih ada oknum penjual jamu yng pakai cara instan dengan menggunakan kencur instant dan lain-lain sehingga mengurangi keaslian dan manfaat jamu itu sendiri.

Reply
avatar
Healthy4u
admin
10 September 2014 21.48 ×

Walaupun rasanya pahit, tapi kita semua tahu manfaat dari jamu. Kalau kita konsumsi secara rutin setiap hari, maka dapat menjaga kesehatan

Reply
avatar
11 September 2014 04.38 ×

aku sukanya Jamu Beras Kencur MAs hehehe, Jamu adalah salah satu obat tradisional yg selayaknya patut kita pertahanakan dan lestarikan, biar nanti generasi selanjutnya tetap mengenal Jamu sebagai Warisan Nenek Moyang kita dalam bidang Kesehatan... semoga sukses ya mas :)

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.04 ×

thanks sob, sudah saatnya generasi muda seperti kita untuk beralih dari minuman2 berpengawet ke jamu, yg notabenya adalah produk asli indonesia dan menyehatkan pastinya

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.06 ×

betul sekali mbak, harapanya supaya kedepan labih banyak lagi muncul inovator2 jamu yg nantinya akan memproduksi jamu secara menarik baik dari segi kemasan maupun cara penjualanya

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.08 ×

iya mas, saya pun dulu juga suka minum beras kencur, tapi setelah dewasa ini minum jamu pahit juga sudah terbiasa yg penting ada penawar pahitnya hehe

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.09 ×

betul banget mas bud, pahit awal-awalnya doang, tp khasiatnya itu yang luar biasa. Sip, maju terus jamu indonesia :)

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.10 ×

weh, mang lembu juga suka minum jamu ya? hehe
tambah enak yg begitu mas jamu gendong, asli alami tradisi, hehe

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.12 ×

alhamdulillah.. semakin banyak yg suka jamu, semakin lestari jamu kita. lanjutkan mas !

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.13 ×

haha iya sob, lama g ngeblog nih, ya smoga dg adanya artikel jamu saya ini bisa lebih bermanfaat ya sob blognya :)

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.14 ×

haha.. nggak om, saya cuman penikmat jamu aja. ini saya cuman mnyelaruhkan ide tentang jamu lewat blog. hehe

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.21 ×

termakasih mas safar, biar pun murah tapi menyehatkan ya mas, hehe

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.24 ×

betul sekali mas, itu yg menjadi permasalahan, masih banyak oknum yg tidak bertanggung jawab dg menfaatkan jamu sebagai objectnya. dg kejadian sprti ini mestinya pengawasan dlm pembuatan jamu lebih ditingkatkan lg ya mas

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.27 ×

sip saya setuju dg pernyataanmu bang haikal, btw dijakarta kalo mau nyari jamu masih jarang2 atau mudah dijumpai bang? kayak jamu gendong dll gitu?

Reply
avatar
Inam Achsan
admin
11 September 2014 19.29 ×

Tos mas, sama kalau gitu :D klo jamu kunir asem doyan g mas? hehe
Sip. jamu harus trus kita perkenalkan ke generasi mudah yg akan datang suapaya ttap lestari

Reply
avatar
Ai Wida
admin
20 Oktober 2014 21.27 ×

Saya jarang sekali minum jamu, rasanya males aja. Mungkin dengan rasanya kali iya bagi saya agak pait :)

Reply
avatar
8 Oktober 2016 20.23 ×

Saya jualan jamu di kalimantan tengah, jamu identik maaf yang bikin orang jawa,
Nah sekarang tidak lagi kok,saya asli orang dayak tapi saya bangga bisa bikin jamu, dan sekarang Syukur Puji Tuhan Laris manis

Reply
avatar
Thanks for your comment