Nge-Game Makin Asyik dengan Teknologi Masa Depan AMD Kaveri

sumber gambar : chompsy.com
Sobat, ketika berbicara tentang komputer otomatis kita juga akan membicarakan tentang spesifikasinya, karena itu berpengaruh untuk penggunaan komputer itu sendiri. Salah satunya kalau kita hobi bermain game, entah itu game online atau pun offline. Dari hobi seperti ini juga bisa menjadi ide bisnis tersendiri, kalau kita ingin membuat usaha game online. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan di spesifikasi komputernya. Nah, selain itu supaya harga tidak terlalu mahal maka kita perlu memilih poin penting dalam menentukan spesifikasi minimum komputer untuk game, tentu dengan harga yang ramah sesuai dengan budget kita.

Para gamers pastinya menginginkan prosesor terbaik untuk kenyamanan bermain game kan? Ketika kita bermain game, tentunya menginginkan prosesor akan bekerja maksimal. Apalagi game FPS seperti Crysis, Battlefield 4,dll. Prosesor pastinya akan bekerja dengan kekuatan terbaiknya untuk bisa menjalankan game tersebut dengan mulus. Tapi yang pasti sih semakin baru generasi prosesornya, maka akan semakin enak juga memainkan game-nya.

AMD APU Kaveri Pilihan Tepat Untuk Nge_Game!
Nah, sobat kali ini saya akan sedikit mereview salah satu produk unggulan AMD (Advanced Micro Devices, Inc) yaitu AMD APU Kaveri, dimana kaveri hadir dengan menawarkan lebih dari sekedar perangkat keras dengan CPU dan GPU, akan tetapi juga menghadirkan potensi keduanya berupa perangkat dengan tingkat intelejensi dan performa terbaik. sebelumnya AMD juga telah meluncurkan beberapa prosesor lho, diantaranya telah dibekali teknologi mantle yang tentunya harga prosesor tersebut juga lumayan terjangkau, mulai dari 1,8 jutaan.
sumber gambar : www.amd-id.com
APU Kaveri juga disebut sebagai teknologi masa depan. maksudnya? Ya hal ini mengacu pada penerapan HUMA (hetereogneous Unified Memory Architecture) dan HQ untuk kinerja pada lingkungan HSA yang lebih baik, perlu diketahui ini baru pertamakalinya diterapkan pada APU Kaveri. Pada APU Kaveri ini juga, proporsi GPUnya cukup besar dibandingkan CPUnya sendiri, sehingga mengijinkan performa compute (OpenCL/DirectCompute) yang belum pernah ada sebelumnya. APU Kaveri hadir dengan 3 seri yaitu AMD APU A10-7850K, AMD A10-7700K dan  AMD A8-7600K.
sumber gambar : www.amd-id.com
sumber gambar : www.amd-id.com
Fiturnya Apa Aja Sih?
Untuk fitur-fitur AMD APU Kaveri ini diantaranya adalah dukungan pengolah grafis dengan arsitektur GCN (Graphics Core Next). Pengolah grafis ini memiliki kemampuan grafis yang baik untuk sebuah grafis terintegrasi. Selain itu, di AMD juga terdapat fitur HUMA yang akan bekerja mengoptimalkan pengintegrasian CPU dan GPU di dalam APU Kaveri. Fitur HUMA ini nantinya akan dibantu juga dengan fitur (HAS) yang akan membuat performa CPU dan GPU berjalan secara beriringan dan bersamaan dalam mengeksekusi program.

Peningkatan Pada Kemampuan Grafis
A10-7850K
AMD APU itu sering dikenal sebagai prosesor dengan grafis yang baik. Pada seri sebelumnya, kemampuan grafis AMD sudah cukup baik sobat. Namun AMD nampaknya belum terlalu puas dengan hasil tersebut. Kehadiran AMD APU Kaveri ini tentu menjadi langkah dari AMD untuk menghadirkan performa gaming yang luar biasa dari sebuah APU AMD APU Kaveri yang memiliki GPU Radeon yang terintegrasi dalam APU, sehingga kita tidak perlu lagi membeli kartu grafis terpisah (hemat biaya) serta didukung oleh teknologi-teknologi yang revolusioner seperti HSA, Mantle (untuk game cepat dan responsive) dan TrueAudio (dimensi suara game menjadi seperti kenyataan).

Kemampuan Komputasi Layaknya Prosesor 12 Core
Untuk APU yang tertinggi adalah AMD APU A10-7850K, memiliki jumlah Core yang besar yaitu 12 Compute Core, teknologi ini bisa mengkombinasikan 4 Core CPU dan 8 Core GPU dalam satu rangkaian kerja layaknya 12 Core sehingga komputer berjalan lebih cepat dan lebih efisien, yakni sebesar 3,7 GHz dan 4.0 GHz ketika Turbo Core diaktifkan.. keren kan? Teknologi ini juga merupakan hasil dari penerapan teknologi HUMA (heterogenous Uniform Memory Access) dan HQ (heterogeneous Queuing) yang menjadi garis terdepan performa komponen AMD di masa depan.

Pengujian Game Battelfield Tanpa Kartu Grafis - AMD APU Kaveri
Game Battelfield 4 - AMD APU A10 7850K

Nah, Itulah beberapa hal mengenai AMD APU Kaveri. Bisa dikatakan kemampuan APU terbaru dari AMD ini memang sungguh luar biasa. Fakta ini bukanlah teori belaka, namun sudah terbukti dari beberapa pengujian yang dilakukan oleh banyak pihak dengan menggunakan tiga aplikasi benchmark PCMark, 3Dmark dan Basemark CL. Ternyata peningkatan kemampuan prosesor AMD APU memang luar biasa dan hemat energi. Bahkan games berat sekelas Battlefield 4 pun dapat berjalan dengan lancar tanpa bantuan kartu grafis. Menakjubkan bukan? Tampaknya AMD benar-benar membuktikan janjinya. Harga yang ditawarkan untuk prosesor pun terbilang cukup terjangkau dan yang pasti bikin Nge-Game jadi asyik.

Moch. Achsanul In'am
referensi : www.amd-id.com

"Nge-Game Makin Asyik dengan Teknologi Masa Depan AMD Kaveri"
Tulisan ini dikut sertakan dalam lomba AMD Blog Competition yang diselnggarakan oleh www.amd-id.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment