Mari Membangun Budaya Jujur Anti Korupsi Bersama PLN Bersih

Salam Blogger - Sobat, Budaya jujur memang terasa sulit untuk diterapkan, apalagi dalam konteks secara luas bagitupun dalam suatu perusahaan. Sebab jujur pada diri sendiri saja rasanya tidak mudah jika tidak dibiasakan. membangun budaya kejujuran, keterbukaan serta kebersamaan, menjadi hal terpenting mengawali tugas dan tanggung jawab. Ketiga point tersebut yang kan menjadi kunci sukses dalam pencapaian visi dan misi perusahaan.
(sumber foto)












Nah, dalam hal ini PLN sudah mulai mencoba PLN senantiasa meningkatkan pelayanan, melayani dengan bersih dan transparan. Salah satunya dengan membuka seluruh akses komunikasi sehingga pelanggan dapat lebih dekat dengan PLN. Berbagai kegiatan sosialisasi juga sudah dilakukan oleh PLN Baik melalui surat kabar, radio, website. Sosialisasi langsung kepada pelanggan dan sosialisasi dengan pemerintahan agar masyarakat memperoleh informasi yang benar dan jelas tentang kelistrikan PLN.

PLN Bersih, Katakan Tidak Pada Korupsi

(sumber foto)
Seperti yang kita ketahui sobat, bahwasanya korupsi di negara kita sering dan masih terjadi, padahal korupsi itu perbuatan yang tercela dan  dapat menyebabkan sebuah negara menjadi bangkrut dengan efek yang luar biasa seperti hancurnya perekonomian, rusaknya sistem pendidikan danll. Sungguh miris dengan budaya korupsi di negeri ini, dari kalangan bawah sampai kalangan atas rame-rame melakukan korupsi.

Perusahaan maupun instansi banyak dirugikan akibat perilaku korup (perilaku menyimpang dengan menyalahgunakan kewenangan atau jabatan) para oknum karyawan atau pegawainya. Saking mengurat akarnya korupsi di masyarakat, lahirlah budaya korupsi. Korupsi dianggap sebagai sebuah kewajaran.

Melalui PLN Bersih, PLN sedang membangun 4 pilar utama yang harus di tegakan dalam upaya pemberantasan korupsi sekaligus menjawab isu-isu yang terjadi di dalam PLN. Komitmen kuat ini tentunya melibatkan pihak PLN, pegawai, dan para mitra kerja PLN. PLN juga mereview kedua proses bisnis tersebut (proses pengadaan dan proses pelayanan pelanggan) untuk menghilangkan potensi terjai korupsi, kolusi, suap, pungli di kedua proses bisnis tersebut.

Empat pilar dari program PLN Bersih adalah sebagai berikut :
1. Partisipasi, partisipasi dari para pegawai PLN dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN Bersih dengan baik

2. Integritas, integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya ntuk membangun budaya PLN Bersih

3. Transparansi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih

4. Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi.
PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara yang mempunyai visi untuk dapat menjadi BUMN dengan level pelayanan berkelas dunia, menjadikan Anti Korupsi sebagai salah satu bagian terpenting dalam membangun integritas korporasi.

Manajemen PT PLN (Persero) juga telah menegaskan komitmennya untuk menjalankan praktek penyelenggaraan korporasi yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme, sekaligus  menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. Dan saya kira ini langkah yang tepat bagaimanapun juga tindakan seperti korupsi harus segera di berantas. Dalam implementasi program PLN Bersih ini PLN bekerja sama dengan Transparency International Indonesia untuk mensupervisi program PLN Bersih. Untuk Info lebih detail sobat bisa menngunjungi website : www.plnbersih.com

PLN BERSIH NO SUAP, NO KORUPSI, NO GRATIFIKASI.
(sumber foto)











“Semoga bukan sekedar Tagline” Kami Dukung !

Seorang Blogger, bagi saya, ialah warga negara yang memiliki hak bersuara seperti kewajiban moral untuk memberantas jejaring koruptor yang telah menyebar di tanah air ini. Dengan senjata weblog sebetulnya blogger bisa menjadikannya sebagai media penyampai informasi praktek korupsi yang terjadi di sekitar. Tentunya laporan tersebut harus didukung validitas data dan fakta, sehingga laporan tidak disebut “tuduhan”.

Harapan saya, Gerakan PLN Bersih ini semoga bukan sekedar menjadi tagline belaka, tapi harus diiringi dengan langkah nyata. Dan sebagai serorang blogger, saya sangat mendukung langkah-langkah kongrit dari PLN dalam melakukan upaya mencegah korupsi. Jika korupsi saja tidak bisa di berantas,sampai kapankah negeri ini bisa maju seperti negara-negara tetangganya. Mari kita bersihkan korupsi mulai dari diri sendiri. Dan untuk rekan-rekan blogger serta pengunjung blog ini, mari kita dukung gerakan PLN Bersih ini dalam memberantas Korupsi agar negeri tercinta ini bisa menjadi negeri terpandang di dunia. dan Harapan saya juga semoga pelayanan PLN semakin baik lagi.

Sobat, juga bisa ikut berpartisipas hanya dengan cara sederhana : Laporkan jika melihat adanya penyelewengan kasus suap. pungli, korupsi dan gratifikasi yang terjadi di lapangan. Karena kalo bukan kita sebagai masyarakat sekaligus pelanggan PLN siapa lagi yang akan membantu? Mari Membangun Budaya Jujur Anti Korupsi Bersama PLN Bersih!

Sumber Referensi : www.plnbersih.com
Previous
Next Post »

9 komentar

Click here for komentar
24 Oktober 2013 06.36 ×

Salam blogger mas :) Jujur itu memang membuat kita lebih indah ya mas :)

Reply
avatar
24 Oktober 2013 06.45 ×

smg aja bukan sekedar tagline.., sampe skrg msh ada bbrp daerah di Indonesia yg berlaku system mati giliran,

smg aja bukan sekedar tagline!

Reply
avatar
24 Oktober 2013 19.39 ×

Mendukung gerakan apapun yg berniat bersih dari korupsi!

Semoga terwujud.

Reply
avatar
Kormel S
admin
25 Oktober 2013 02.18 ×

Tulisannya bagus gan, PLN Bersih perangi korupsi...

Reply
avatar
25 Oktober 2013 03.40 ×

saya sangat setuju Mas, dalam segala kegiatan apapun kita harus selalu berusaha membangun budaya jujur, karena dgn jujur pasti akan mudah dipercaya oleh orang lain ... :)

Reply
avatar
Dee
admin
25 Oktober 2013 04.38 ×

Omong-omong tentang PLN, selalu berharap mudah-mudahan kedepannya PLN bisa lebih baik lagi kinerjanya dari sekarang, bisa menjangkau pelosok-pelosok terpencil... Selain itu... tentunya, kita sebagai masayarakat juga harus bisa memahami PLN, biar gak ada lagi aksi umpat-mengumpat kepada pihak PLN saat terjadi mati lampu, hehee...

Reply
avatar
rozikin roz
admin
25 Oktober 2013 05.36 ×

Kalo udah denger kata korupsi bawaannya geram, besar maupun kecil sama saja. Lebih baik jangan pernah mencoba sama sekali walaupun 100 rupiah atau bakal akut seumur hidup. Dukung terus PLN bersih dari korupsi! :))

Reply
avatar
26 Oktober 2013 21.59 ×

Setiap ane BW k blog ini pasti dpt info tambahan yg sngt bermanfaat.
Mkasih bos, lain waktu ane berkunjung lg.
Insya Allah

Reply
avatar
sinichinet
admin
22 November 2013 00.49 ×

meskipun masih dipenuhi ketidakyakinan, namun saya dukung sepenuhnya gerakan PLN BERSIH ini. semangat !!

Reply
avatar
Thanks for your comment